Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 18 Desember 2018

Spanyol Incar Eks Lahan Tebu Jatitujuh Jadi Sirkuit MotoGP

Wisnu Wage Kamis, 06/12/2018 09:25 WIB
Spanyol Incar eks Lahan Tebu Jatitujuh Jadi Sirkuit MotoGP
Eddy M Nasution

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mempertimbangkan tawaran investor asal Spanyol yang tertarik membangun sirkuit MotoGP di wilayah Jatitujuh, Majalengka.
 
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Eddy M Nasution mengatakan minat investor tersebut disampaikan pada pihaknya bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam pertemuan beberapa waktu lalu. “Spanyol dia yang berminat ,” katanya di Bandung, Rabu (5/12/2018).
 
Menurutnya pihak Spanyol membidik area bekas perkebunan tebu Pabrik Gula Jatitujuh milik PT Rajawali Nusantara Indonesia yang cukup luas. “Luasnya sekitar 6.000 hektar, kalau mereka berminat ke sana pasti sudah ada kerjasama dengan pabrik gula di sana,” paparnya.
 
Posisi lahan tebu tersebut dinilai cukup strategis mengingat jaraknya tidak terlalu jauh dengan kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan ruas tol Cikopo-Palimanan. “Lahan tebu disitu sudah tidak berfungsi, dia ditawarkan di Aerocity Kertajati yang milik kita,” tuturnya.
 
Namun posisi penawaran tersebut menurutnya agak kompetitif mengingat pihak Spanyol juga mengincar kawasan ekonomi khusus Mandalika, NTB untuk pembangunan yang sama. “Andaikata kita berlama-lama memberi keputusan, kita juga bersaing dengan Mandalika,” katanya.