Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 18 Desember 2018

Menko Luhut Tinjau Citarum, Anggaran Rp640 Miliar Disiapkan

Wisnu Wage Rabu, 05/12/2018 16:12 WIB
Menko Luhut Tinjau Citarum, Anggaran Rp640 Miliar Disiapkan
Luhut dalam kunjungannya didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG—Menkomaritim Luhut Binsar Pandjaitan meninjau langsung progres proyek penataan Sungai Citarum di Sektor 8, Cicukang, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu (5/12/2018).

Luhut dalam kunjungannya didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Naser dan sejumlah komandan sektor dari TNI.

“Presiden sudah memerintahkan kita pokoknya harus kerja keras dan tahun depan budget untuk Dansatgas dalam hal ini gubernur itu sudah dialokasikan beberapa ratus miliar," katanya.

Tahun depan pihaknya memastikan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 640 miliar untuk penataan Citarum sesuai dengan yang diprogramkan oleh Pemprov Jabar.

"Cepat kita, kan paten gubernurnya. Beliau sudah beberapa kali ketemu saya dan program dari Pak Gubernur sudah dibuat rinci. Jadi tahun depan saya harap Januari-Februari bisa keluar, saya kira perubahan akan keluar April-Mei. Anggarannya Rp 640 miliar," tuturnya.

Saat meninjau oxbow Cicukang yang penuh sampah pihaknya juga menyetujui rencana Ridwan Kamil soal pemasangan insenerator untuk mengurai sampah."Tentu Pak Gubernur sudah punya rencana ini membuat insenerator tapi satu sistem mulai dari pemilahan sampah pengeringan sampah, mencacah sampah sampai pada insenerator," katanya.

Di tempat yang sama Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Citarum meminta seluruh elemen kompak dalam melaksanakan ragam kegiatan yang sudah disusun.

"Stakeholder-nya masih belum bersatu padu, masih bergerak sendiri sesuai bidangnya. Ibarat orkestra semua main musik sendiri tapi lagunya belum enak. Nah sekarang kita satukan kapan ngegas, kapan ngerem," katanya.

Dia pun meminta agar semua gagasan atau perkembangan kegiatan dilaporkan langsung. Agar, semua aktivitas soal Citarum dapat dipertanggungjawabkan.

"Semua keputusan mohon dilaporkan, mohon mendapat persetujuan dari saya. Semata-mata supaya di akhir proses kalau ada apa-apa, pasti ujungnya ke saya juga, ujungnya pertanggungjawaban," ujarnya.