Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 18 Desember 2018

Gagal Jadi Bali Baru, Pemprov Perjuangkan KEK Pangandaran

Wisnu Wage Rabu, 05/12/2018 18:08 WIB
Gagal Jadi Bali Baru, Pemprov Perjuangkan KEK Pangandaran

Bisnis.com,BANDUNG—Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran akan jadi perangkat Pemprov Jabar menggenjot perekonomian kawasan tersebut.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan sampai keputusan KEK secara resmi diperoleh Pangandaran, maka pihaknya akan terus memperjuangkan status tersebut pada pemerintah.

“Iya akan diperjuangkan. Karena saya rada kecewa ternyata (Jabar) gak masuk 10 daerah new Bali. Karena itu saya memperjuangkan dari Jawa Barat yang paling siap adalah Pangandaran,” katanya, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya Pangandaran sangat siap menjadi KEK Pariwisata baik dari segi lahan, investor hingga objek wisata sepanjang garis pantai tersebut. “Kenapa, karena sudah ada proposalnya, 200 hektar lahan sudah siap dan punya 99 potensi wisata,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sendiri menurutnya sudah berkomitmen status KEK untuk Pangandaran akan diberikan pada Maret-April 2019. Ini artinya kata dia, akselerasi pembangunan di kawasan tersebut akan cepat.

“KEK itu artinya APBN akan turun karena dianggap sebagai proyek strategis nasional, jadi mendapat status itu susah. Kalau tanpa status itu tetap dibangun tapi dengan danai masing-masing,” ujarnya.

Dia juga memastikan anggaran Rp80 miliar untuk Pangandaran berhasil masuk dalam APBD 2019. Menurutnya penambahan anggaran tersebut menunjukan komitmen serius pihaknya menata kawasan tersebut.