Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 18 Desember 2018

Siap-siap, Situ Ciburuy Dan Curug Malela Bakal Dipoles Pemprov Jabar

Wisnu Wage Selasa, 04/12/2018 17:31 WIB
Siap-siap, Situ Ciburuy dan Curug Malela Bakal Dipoles Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG--Meski sudah berlimpah objek wisata, Kabupaten Bandung Barat tetap mendapat perhatian khusus dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan ada beberapa objek lama yang akan direvitalisasi lagi oleh Pemprov Jabar. Salah satunya dengan memperbaiki jalan akses menuju Curug Malela di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Penataan kawasan Curug Malela dan Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, katanya, akan menjadi perhatiannya untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Bandung Barat pada 2019. Termasuk, membuat jalan akses yang ramah wisatawan.

"Jadi akses ke Curug Malela akan kita maksimalkan, dan Situ Ciburuy insyaallah laukna jadi gampang dipancing," katanya di Bandung, Selasa (4/12/2018).

Selama ini, jalan menuju Curug Malela harus ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang dua kilometer dengan kondisi jalan yang kurang baik dan rawan longsor. Padahal, air terjun setinggi 50 meter dan lebar 70 meter ini begitu memukau dan berpotensi untuk dikembangkan.

Emil juga mengatakan akan mulai meneliti dan memerhatikan sekelumit permasalahan dan potensi wisata di kawasan Karst Citatah di Cipatat yang memiliki potensi tinggi heritage.

"Karst Citatah, itu salah satu pekerjaan saya untuk meneliti plus-minusnya seperti apa terhadap ekononomi masyarakat. Zona artefak harus dilindungi dan nilai alam yang dikelola harus sustainable," katanya.

Dia mengaku sebelum menata harus mencari win-win solution yang dapat menguntungkan warga yang selama ini menjadi penambang batu kapur, warga setempat lainnya, dan untuk melestarikan kawasan karst dan zona artefak prasejarahnya.