Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 18 Desember 2018

Ini Upaya Kementerian BUMN Sehatkan PT Sang Hyang Seri

Wisnu Wage Kamis, 22/11/2018 19:13 WIB
Ini Upaya Kementerian BUMN Sehatkan PT Sang Hyang Seri

Bisnis.com,BANDUNG--Deputi Kementerian BUMN Bidang Industri Agro dan Farmasi Wahyu Kuncoro memastikan pihaknya sudah memiliki langkah penyehatan untuk PT Sang Hyang Seri.

Deputi bidangnya sudah menyusun sejumlah langkah agar BUMN tersebut pada 2019 mulai memperbaiki arah bisnis mereka. Langkah pertama adalah melakukan optimalisasi aset Sang Hyang yang tercatat cukup luas. 

“Kita optimumkan aset dia, di Sukamandi ada 1500 hektar, kita coba utilitasi aset-asetnya Sang Hyang Seri,” katanya pada bisnis, Rabu (22/11/2018).

Kementerian menilai upaya BUMN tersebut bersaing di industri agro beberapa tahun ini sangat berat. Hal ini diperparah dengan masuknya swasta yang berkecimpung dalam bisnis yang sama seperti menggarap bisnis beras premium.

“Semakin banyak pemain private yang masuk, makanya kita kurangi penugasan PSO -nya,” ujarnya.

Menurutnya  BUMN yang merugi di sektor pertanian harus terus didorong agar bisa menjadikan aspek komersial yang dimiliki lebih berdaya saing di pasar. Mendorong aspek komersial ini diakui Wahyu yang butuh waktu dan proses. 

Namun dia menilai PT Sang Hyang Seri bisa mengikuti langkah swasta memproduksi dan memasarkan produk seperti beras premium. “Ini yang butuh perubahan budaya,” paparnya.

Sementara terkait Daftar Negatif Investasi (DNI) yang baru saja dirilis apakah berdampak pada BUMN di sektor Agro dan Farmasi, Wahyu memastikan tidak terpengaruh. Menurutnya sektor farmasi dan agro tidak terpengaruh terutama untuk urusan pangan yang masih jauh dari swasembada.

“Kita ingin Bulog penugasannya nanti bisa didukung BUMN pertanian,” katanya.