Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 18 Desember 2018

Emil Instruksikan Seluruh Perizinan Di Jabar Wajib Satu Pintu

Wisnu Wage Selasa, 13/11/2018 12:50 WIB
Emil Instruksikan Seluruh Perizinan di Jabar Wajib Satu Pintu
Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta perizinan di 27 kabupaten/kota sudah online dan satu pintu dalam 6 bulan ke depan.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan pihaknya berkaca pada kasus yang terjadi di Kabupaten Bekasi dan Subang dimana kasus korupsi yang terjadi terkait dengan perizinan.

“Sehingga kita di kepemimpinan baru ini akan menstandarisasi kualitas pelayanan. Semua harus online dengan online yang sama. Semua harus satu pintu tidak boleh banyak pintu lagi,” katanya di Bandung, Selasa (13/11/2018).

Pihaknya memberi waktu daerah segera berbenah selama enam bulan ke depan agar seluruh perizinan terintegrasi. “Saya kasih waktu yang belum satu pintu enam bulan untuk menyingkronisasi standar ini,” ujarnya.

Menurutnya KPK juga sudah memberikan delapan poin yang harus diikuti terkait pencegahan. Rencananya Pemprov akan membuat ranking mana saja daerah yang kualitas pelayanannya sudah baik.

“Kita umumkan. Dan juga ranking yang buruk, mana yang buruk akan kita beri sanksi dan publikasi,” katanya.

Dengan upaya ini dia berharap suatu hari semua orang tidak perlu datang dalam mengurus perizinan. Hal yang awalnya berupa fisik urusannya harus menjadi layanan digital. “Dengan semangat provinsi digital artinya semua pelayanan di provinsi ini harusnya tidak bertemu lagi antara pemohon dan pejabat,” paparnya.

Apakah waktu enam bulan cukup untuk daerah menerapkan hal ini, dia menilai dari pengalamannya memimpin Kota Bandung ini bisa dilakukan. “Pengalaman harusnya bisa, kadang ada tidak ada ruangan, saya kasih waktu,” katanya.