Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 21 November 2018

Jalur Cipatujah-Garut Terputus, Dishub Siapkan Perubahan Rute Bus Perintis

Wisnu Wage Jum'at, 09/11/2018 12:50 WIB
Jalur Cipatujah-Garut Terputus, Dishub Siapkan Perubahan Rute Bus Perintis
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—Dinas Perhubungan Jawa Barat mengubah rute bus perintis guna melayani warga Cipatujah, Tasikmalaya yang akan menuju Garut atau sebaliknya. Bus ini disiapkan mengingat pembuatan jembatan darurat belum tuntas.

Kadishub Jabar Dedi Taufik mengatakan ada empat bus yang disiapkan dengan klasifikasi bus sedang bisa mengangkut warga untuk rute Sindang Barang-Cipatujang dan Cipatujah-Sindangbarang. “Itu kita alihkan dari Pameungpeuk menuju Cikajang, Cikajang nanti Garut, Garut menuju Singaparna, Singaparna menuju Cipatujah, nanti kembali langsung ke Pangandaran,” tuturnya di Bandung, Jumat (9/11/2018).

Pengalihan rute ini dilakukan mengingat  Jembatan Sungai Ciandum, Jalan Raya Cipatujah, Tasikmalaya yang putus berada di ruas Cipatujah-Pameungpeuk, Garut. 

Sementara rute untuk dari arah Timur mau ke Barat diarahkan dari Cipatujah ke Tasik Kota lalu ke Garut dan Cikajang. “Cikajang-Pameungpeuk, Pameungpeuk-Sindangbarang, memang berputar jaraknya,” katanya.

Jarak karena perubahan rute ini menurutnya hampir 75 kilometer mengingat bus harus melingkar terlebih dahulu. Namun dia memastikan perubahan rute tidak berpengaruh pada pelayanan transportasi yang masih tetap berjalan. “Karena kita punya bus perintisi di sana, ada empat bus perintis,” ujar Dedi Taufik.

Nantinya jika jembatan bailey sudah terpasang, kendaraan berat akan kembali melintas ke jalur lama. Dedi memastikan meski dibuka, pihaknya akan melakukan pembatasan tonase bagi kendaraan yang melintas. “Bisalah, ada pembatasan, paling 3,5 ton,” pungkasnya.