Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 21 November 2018

Musim Hujan, Pemprov Jabar Kebut Pemeliharaan Jalan

Wisnu Wage Kamis, 08/11/2018 17:39 WIB
Musim Hujan, Pemprov Jabar Kebut Pemeliharaan Jalan
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah menggenjot pemeliharaan jalan ruas provinsi di enam wilayah dengan nilai perbaikan mencapai Rp90 miliar.

Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Eddy M Nasution mengatakan saat ini ada sejumlah ruas yang mengalami kerusakan akibat cuaca, longsor dan berbagai penyebab. Langkah percepatan juga dilakukan mengingat saat ini sudah memasuki musim pancaroba. “Jadi kita mempercepat pekerjaan di tahun anggaran 2018 terutama pengaspalan,” katanya di Bandung, Kamis (8/11).

Menurutnya pekerjaaan pemeliharaan jalan saat ini baru mencapai 70% sementara sisa waktu pengerjaan sudah terbatas. Sementara musim hujan diakuinya menganggu proses pengerjaan jalan. “Kalau musim hujan agak sulit ya. Berpacu dengan hujan, kalau nggak hujan, ngaspal gitu kan?” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga tengah berpacu dengan kondisi lingkungan yang rentan bencana alam terutama longsor yang terjadi di ruas jalan provinsi. Pihaknya mengaku sudah menyiagakan alat berat di 6 balai Bina Marga untuk berjaga-jaga jika longsor terjadi. “Ala berat sudah stand by di UPTD , kalau perlu kita support dari UPTD terdekat kalau memang dibutuhkan,” tuturnya.

Eddy menghitung pemeliharaan jalan di akhir tahun ini menyedot anggaran Rp90 miliar yang terbagi untuk 6 balai. Sementara saat ditanya terkait anggaran pemeliharaan 2019 mendatang, pihaknya belum bisa memastikan. “Masih dibahas anggarannya,” ujarnya.