Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 21 November 2018

Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, Wisata Pelestarian Alam Dan Kebudayaan

Dea Andriyawan Kamis, 01/11/2018 12:18 WIB
Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, Wisata Pelestarian Alam dan Kebudayaan

Bisnis.com, BANDUNG -- Bandung seakan tak ada habisnya dalam hal memanjakan wisatawan dengan keindahan kebudayaan dan alamnya. Kali ini Bandung punya lagi satu destinasi wisata yang bisa menjadi alternatif saat mengisi liburan bersama keluarga. 
 
Tempat tersebut dinamai Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci. Kampung yang berada di kaki Gunung Manglayang tepatnya di Keluarahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Dari sini pengunjung bisa "meneropong" Kota Bandung ditemani keindahan kebudayaan masyarakatnya.
 
Di kawasan tersebut, Pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut. Pengunjung bisa menikmati udara sejuk di bawah kaki gunung Manglayang dibarengi pertunjukan dari anak-anak sekitar yang memainkan permainan tradisional. Selain itu, bisa sepuasnya berswafoto dengan latar belakang Kota Bandung.  
 
"Alhamdullilah, saya senang tempat wisata di Kota Bandung bertambah. Ini akan menjaga perekonomian Kota Bandung. Selain itu, saya yakin dengan adanya tempat ini kebudayaan akan lestari. Permainan tradisional anak-anak kini bisa ditemukan di sini,” kata Oded, Kamis (1/11).
 
Kampung Wisata Kreati Pasir Kunci menjadi satu lagi prospek ekonomi kreaif di bidang pariwisata yang diyakini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar. Selain itu, Kampung Wisata Kreati Pasir Kunci juga menjadi ruang terbuka bagi anak-anak untuk bermain.
 
Belum lagi, tempat ini menjadi wahana pas untuk pelestarian kebudayaan tradisonal yang dewasa ini semakin terhimpit kebudayaan modern di hati masyarakat.
 
"Melihat kondisi seperti ini, budaya dan permainan tradisional di Kecamatan Ujungberung akan menjadikan kebanggan Kota Bandung. Dan hal itu, akan membuat Kota Bandung semakin juara," jelas Mang Oded.
 
"Untuk kesenian tradisional, Ujungberung sudah tidak diragukan lagi. Bisa dilihat, anak-anak kecil di sini sudah ikut mengikuti segala kegiatan tradisional dan permainan tradisional. Mereka sudah pandai dalam berkesenian, karena dilatih secara rutin oleh orang tuanya, sehingga kecintaan terhadap budaya tradisional semakin besar," lanjutnya.
 
Ia berpesan agara seluruh stakeholder di Ujungberung menjaga Kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci terutama kebersihannya. Sehingga pengunjung akan semakin banyak berdatangan.
 
"Kelola kampung ini sebaik-baiknya. Pergunakan untuk pelestarian budaya dan permainan tradisional bagi anak-anak. Tetapi, jaga selalu kelestarian dan kebersihan tempat ini. Upayakan pengunjung senang dan semakin banyak yang datang," kata Oded.
 
Selain peresmian Kampung Wisata Pasir Kunci, Mang Oded sekaligus membuka Festival Kaulinan Budak Lembur 2018. Dalam kesempatan tersebut, Oded M. Danial disuguhkan permainan tradisional berupa Sapintrong, Cingciripit, Perepet Jengkol dan permainan angklung oleh anak-anak setempat.