Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 21 November 2018

Kiat Memasang Kamera Pengawas Di Rumah

Newswire Senin, 29/10/2018 15:22 WIB
Kiat Memasang Kamera Pengawas di Rumah
Ilustrasi
urbanclap

Bisnis.com, JAKARTA - Memasang kamera pengawas bisa menjadi salah satu pilihan bagi orang-orang yang tidak bisa berada di rumah sepanjang hari, agar keamanan rumah tetap terpantau meski pun penghuninya sedang berada di kantor.

Kamera pengawas juga bisa digunakan untuk memperhatikan aktivitas atau keamanan di rumah selagi orang tuanya sibuk bekerja. Kamera pengawas buatan yang beredar di pasar sekarang ini umumnya dilengkapi dengan aplikasi yang dapat dipasang di ponsel atau laptop untuk melihat suasana di tempat kamera terpasang.

Manajer Media Sosial dan Pemasaran YI Technology Indonesia Bagas Satriadi memberikan saran pengguna harus menentukan di mana kamera akan dipasang untuk menentukan jenis perangkat yang tepat.

1. Luar ruangan
Kamera pengawas umumnya ditempatkan di luar ruangan, misalnya garasi, pintu gerbang atau pintu depan rumah untuk melihat siapa saja yang melintas atau masuk ke dalam rumah.

Untuk penggunaan luar ruangan, sebaiknya pilih kamera yang memiliki sertifikasi IP68 agar tahan air dan tahan terhadap cuaca. Kamera yang digunakan di luar ruangan biasanya membutuhkan kabel yang lebih panjang.

2. Ruang tengah
Ruang tamu atau ruang tengah juga bisa menjadi pilihan untuk menempatkan kamera pengawas, misalnya untuk mengawasi kegiatan yang berlangsung di sana selama penghuninya berada di luar rumah.

Bagas menyarankan untuk memakai kamera yang dapat berputar 360 derajat aplagi jika ruang yang ingin diawasi luas. Jika pengguna memiliki hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing, kamera 360 derajat ini juga menjadi pilihan karena dapat mengikuti aktivitas mereka.

3. Kamar anak
Kamera pengawas juga bisa ditempatkan di kamar anak, misalnya jika orang tua yang bekerja dan anak mereka dibawah asuhan orang lain. Tempatkan kamera yang memiliki pendeteksi gerakan di sebuah sudut, misalnya meja atau dinding.

Kamera yang memiliki lensa lebar atau wide angle bisa menjadi pilihan untuk ditempatkan di kamar anak. Fitur kamera juga tidak kalah pentingnya, misalnya memiliki untuk mendeteksi suara tangisan.

Begitu mendeteksi suara tangis, kamera akan mengirim notifikasi ke aplikasi sehingga pengguna dapat mengetahui langsung kondisi di kamar anak melalui ponsel.