Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 12 Desember 2018

Ridwan Kamil Ingin Festival Film Bandung Sejajar Cannes

Wisnu Wage Jum'at, 12/10/2018 18:10 WIB
Ridwan Kamil Ingin Festival Film Bandung Sejajar Cannes
Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkeinginan ajang Festival Film Bandung (FPB) bisa naik kelas sebagai festival film internasional.

Gubernur Emil—sapaan akrabnya mengatakan pihaknya menargetkan FFB bisa naik kelas dalam tiga tahun ke depan setelah mendapat persiapan lebih mumpuni.

"Saya putuskan jadi program unggulan untuk Jabar. Namanya tetap (FFB) karena itu nama branding. Saya kasih target tiga tahun FFB bisa jadi festival dunia seperti Cannes lah,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (12/10/2018).

Dia mengaku untuk menjadi festival berkelas internasional bukanlah perkara mudah namun dari potensi dan konsistensi FFB sebagai festival film tertua diluar Festival Film Indonesia pihaknya yakin target tersebut bisa tercapai.

"Jadi diberesin lokalnya dulu, 2019 latihan dulu. 2020 aja Asia nanti suatu hari naik kelas menjadi festival dunia," ucapnya. 

Rencananya pertengahan November nanti FFB 2018 akan kembali digelar, di Gedung Sate. Dia ingin event tersebut digelar dengan meriah agar bisa menarik banyak minat pegiat film nasional sekaligus wisatawan.  ‎"Anggaran dibantu dari Pemprov dibikin se heboh mungkin," ujarnya. 

Dia menilai FFB lebih keren dibandingan FFI karena konsisten. Menurutnya ajang ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Kota Bandung. “Makanya saya berani ke level internasional, ujungnya kan nanti nama tempatnya menjadi terkenal, orang datang belanja di sini, ngapain di sini? Kan buang duit di sini. Ujung-ujungnya ekonomi juga,” tuturnya.