Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 20 Oktober 2018

Jumlah Dokter Di Jawa Barat Lebih Banyak Di Tengah

Wisnu Wage Jum'at, 12/10/2018 13:20 WIB
Jumlah Dokter di Jawa Barat Lebih Banyak di Tengah
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Dr. Ilham Oetama Marsis, SpOG (K) memastikan pihaknya mendukung Jaminan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC), pada tahun 2019 mendatang.

Hal ini juga wajib didukung kualitas pelayanan kesehatan juga standar mutu yang optimal. Maka acara temu Ilmiah tahunan IDI ini, menjadi sarana memperkaya kompetesi, bagi para Dokter.

"Sehingga meningkatkan peran, dan aktif membuat masyarakat Indonesia sehat," katanya dalam rilis Humas Jabar, Jumat (12/10/2018).

Jumlah Dokter 1200 di Jawa Barat jumlahnya adalah seperempat dari total jumlah Dokter se- tanah air. Artinya, Jawa Barat punya potensi besar.

"Inilah yang harus digali, bagaimana potensi dokter untuk dimaksimalkan," katanya.

"Dari ribuan Dokter di Jawa Barat. Lebih banyak berada di Jabar bagian barat seperti Depok, karawang, Bekasi, sementara daerah seperti Ciamis, Banjar, dan sekitarnya, jumlahnya sekitar ratusan dokter saja," Ucap Dia.

Maka, pemerintah, kata dia, perlu memperhatikan persoalan pemerataan tenaga kesehatan, khususnya Dokter, di Jawa Barat.

"Mungkin dengan dukungan sarana, prasarana, infrastruktur, juga perhatian terhadap kesejahteraan Dokter yang ditugaskan di daerah tertentu," katanya.

Intinya, IDI menjadi mitra pemerintah, dalam bidang Pembangunan Kesehatan.