Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 16 Desember 2018

Indonesia Pengguna Instagram Terbesar Di Asia-Pasifik

Novianti Jum'at, 12/10/2018 10:53 WIB
Indonesia Pengguna Instagram Terbesar di Asia-Pasifik
Indonesia Pengguna Instagram Terbesar di Asia-Pasifik
Bisnis/Novi

Bisnis.com, BANDUNG – Instagram merupakan layanan konten visual yang hadir sejak tahun 2010 lalu. Media sosial ini memberikan akses bagi siapa saja yang ingin melihat foto atau video sebuah akun.

Communications Manager Instagram Asia-Pasifik Putri Silalahi mengatakan berdasarkan data bulan Juli 2017, Indonesia merupakan negara pengguna Instagram terbesar di Asia-Pasifik dengan kisaran 45.000 pengguna.

Dari seluruh kategori konten yang hadir, pengguna Instagram di Indonesia cenderung mengikuti tiga konten populer ini: musik, hiburan atau entertainment dan fashion beauty.

“Para pengguna melihat konten-konten tersebut melalui fitur Instagram feed, stories dan live. Namun dari ketiga fitur tersebut, Instagram Stories dipandang sebagai medium yang autentik dan real time,” ujar Putri, pada Kamis (11/10/2018).

Lebih lanjut, terdapat 8.000 pengguna Instagram Stories beruisa 13-55 tahun. Fitur ini dimanfaatkan oleh 68% pengguna Instagram di Indonesia untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan keluarga dan kerabat mereka saat ini.

Di sisi lain, fashion beauty sebagai salah satu konten yang populer di Indonesia dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mencari pasar. Melalui Instagram, proses memperkenalkan produk hingga menjualnya ke pasaran menjadi lebih mudah melalui fitur-fitur Instagram.

“Instagram juga digunakan untuk membangun image atau citra merek fashion itu sendiri. Selain itu, dengan Instagram para pebisnis bisa lebih mudah berkomunikasi dengan masyarakat,” katanya.

Salah satu merek fashion yang menggunakan Instagram sebagai media utama menjalankan bisnisnya adalah Massicot Jewelry.

Pemilik Massicot Jewelry Amanda Mitsuri mengatakan brand yang didirikannya sejak tahun 2013 ini memilih Instagram sebagai media bisnis karena pertimbangan banyaknya orang yang menggunakan media sosial ini. Melaui Instagram, Amanda bisa menjual sekitar 100-200 anting dan sepatu dalam satu bulan.

“Pembeli pun tidak lagi berasal dari Kota Bandung saja, akan tetapi sudah meluas hingga ke kota-kota lain,” ujar Amanda.

Dengan kisaran harga mulai dari Rp350.000-Rp1.000.0000, produk-produk Massicot Jewelry disebar melalui unggahan foto di feed, stories dan tagar.