Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Twin Tunnel Tol Cisumdawu Tuntas November

Wisnu Wage Jum'at, 12/10/2018 10:13 WIB
Twin Tunnel Tol Cisumdawu Tuntas November
Sekda Jabar Iwa Karniwa

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan pembangunan twin tunnel bagian kanan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) tuntas pada November 2018.
 
Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan berdasarkan laporan satuan kerja Cisumdawu terowongan yang menuju arah Bandung dari Sumedang tersebut pengerjaannya tengah dikebut seiring sudah lebih dulu selesainya terowongan arah Sumedang.
 
“Terowongan kembar sebelah kanan sepanjang 472 meter ditargetkan bisa tembus pada November 2018,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (11/10/2018).
 
Menurutnya di seksi II fase II Rancakalong-Sumedang pekerjaan terberat ada di penuntasan terowongan. Saat ini posisi tunnel yang sebelah kanan menurutnya baru bisa ditembus 392 meter. 
 
“Yang sebelah kiri yang tembus itu sudah selesai kontruksinya. Memang pengerjaan twin tunnels ini yang paling berat dalam pembangunan Tol Cisumdawu seksi ini,” paparnya.
 
Dari capaian di proses tersebut secara keseluruhan perkembangan pembangunan twin tunnels Tol Cisumdawu hingga saat ini sudah mencapai 80%. “Ini kalau sudah selesai, maka beban kendaraan di wilayah Cadas Pangeran bisa beralih, dari desainnya juga aman untuk kendaraan berat melintas,” tuturnya.