Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 12 Desember 2018

Program Satu Pesantren Satu Perusahaan Didukung Forum Santri Indonesia

Wisnu Wage Kamis, 11/10/2018 16:46 WIB
Program Satu Pesantren Satu Perusahaan Didukung Forum Santri Indonesia
Uu Ruzhanul Ulum

Bisnis.com,BANDUNG—Forum Santri Indonesia menggelar pertemuan dengan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, di Gedung Sate, Bandung, Kamis (11/10/2018). 
 
Ketua Umum DPP Forum Santri Indonesia, Iwan Ari Kurnia mengatakan pihaknya bersama wagub membicarakan program satu pesantren satu perusahaan.
 
Iwan mengakui saat ini di Indonesia termasuk di Jabar hanya beberapa pesantren saja yang punya perusahaan. Itu pun, hanya pesantren yang unggul dan tertata dengan baik. 
 
"Untuk mengangkat kesejahteraan pesantren, saat ini memang keberadaan wirausaha sangat dibutuhkan di pesantren. Misalnya, usahanya berbentuk seperti koperasi," ujarnya.
 
Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung program satu pesantren satu perusahaan yang tengah digagas oleh Pemprov Jabar. Bahkan, Forum Santri siap untuk bekerja sama dan menjadi mitra Pemprov Jabar di program tersebut.
 
"Dengan adanya program ini, setelah lulus dari pesantren santri bisa wirausaha. Kan ga semua santri jadi kyai," katanya.
 
Iwan menilai, untuk mengembangkan pesantren saat ini yang dibutuhkan adalah ekonomi yang mengangkat pesantren. Karena, sering kita lihat ada sebagian santri tak sanggup membayar uang SPP di pesantren karen ada sebagian pesantren yang terlalu tinggi memungut dana dari santri.
 
"Makanya harus ada subsidi silangnya. Menurut saya dibuat ekonomi santri ini juga akan jadi solusi. Dalam waktu dekat kami akan buay koperasi syariah santri Indonesia," katanya.