Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Pemkab Raja Ampat Belajar Keuangan Ke Pemprov Jabar

Wisnu Wage Kamis, 11/10/2018 13:40 WIB
Pemkab Raja Ampat Belajar Keuangan ke Pemprov  Jabar

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Kabupaten Raja Ampat belajar tata kelola keuangan pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihak Raja Ampat yang dipimpin Sekda Yusuf Halim beserta rombongan menemui pihaknya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (11/10/2018).

“Pemkab Raja Ampat Ingin belajar tata kelola keuangan, mulai dari penyusunan, pelaksanaan keunganan hingga pengendalian sampai berbentuk pelaporan keuangan pemerintah daerah (LKPD),” katanya.

Menurutnya Pemprov menjadi rujukan wilayah di Papua Barat yang kini menjadi destinasi wisata favorit karena LKPD Jabar selama 7 tahun berturut-turut diganjar opini wajar tanpa pengecualiaan (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan. “Sehingga Raja Ampat belajar langsung ke sini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Pemkab Raja Ampat pun menawarkan kerjasama pariwisata dengan Pemprov. Menurutnya nanti wisatawan asing yang berkunjung ke Jabar bisa diinformasikan tentang Raja Ampat. “Begitu juga sebaliknya, sehingga terjadi kerjasama saling menguntungkan dan memajukan,” tuturnya.

Ke depan kerjasama pariwisata ini dimungkinkan jika rute penerbangan antara Bandara Kertajati dan Bandara Marinda Raja Ampat dibuka. Namun sebelum itu terealisasi, pelayanan wisata melalui udara dimungkinkan diawali dengan pesawat charter.

“Pesawat charter itu paling dimungkinkan,” katanya.