Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 16 Desember 2018

Huawei Pererat Kemitraan Dengan 3 Kampus Di Bandung

Dea Andriyawan Jum'at, 05/10/2018 22:11 WIB
Huawei Pererat Kemitraan Dengan 3 Kampus di Bandung

Bisnis.com, BANDUNG — Perusahaan global penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi Huawei mempererat kemitraan dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Telkom lewat program SmartGen 2018 yang bercita-cita untuk menelurkan sumber daya TIK Indonesia berkompetensi global.

Lewat program SmartGen 2018, Huawei dan ketiga kampus unggulan tersebut akan menggelar serangkaian kegiatan yang meliputi program roadshow transfer pengetahuan (TechDay) di masing- masing kampus, sertifikasi dalam kerangka Huawei Authorized Information Network Academy (HAINA), gelaran kompetisi nasional ICT 2019, pengikutsertaan mahasiswa dalam program Seeds for The Future 2018 serta rekrutmen dan pemagangan di Huawei.

"Program SmartGen 2018 adalah wujud nyata dari komitmen Huawei untuk senantiasa mendorong pembinaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang TIK di Indonesia. Kami bangga bisa bermitra dengan tiga kampus unggulan untuk berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat berbasi digital di kota Bandung," kata Direktur Public Affairs & Communications Huawei Indonesia, Selina Wen, di Bandung, Jumat (5/10).

Huawei SmartGen TechDay 2018 akan digelar di 8 kampus di 5 kota di Indonesia. Di Bandung sendiri ITB akan menjadi tuan rumah pertama gelaran Tech Day pada 6 Oktober, yang dilanjutkan dengan Unpad (10 Oktober) dan Universitas Telkom (18 Oktober). 

Dalam gelaran Techday tersebut, Huawei dan masing-masing kampus telah menentukan topik yang terkini dalam industri TIK untuk dibahas bersama para pakar di bidangnya. Selain itu, Huawei akan melakukan sosialisasi sertifikasi HAINA, kompetisi nasional ICT 2019 dan melakukan wawancara untuk pemagangan dan rekrutmen di masing-masing kampus. 

Selina menjelaskan bahwa dalam menyongsong era Revolusi Industry 4.0, pemahaman darn penguasaan teknologi masa depan seperti Big Data, AI, Cloud Computing dan IoT akan meningkatkarn daya saing sumber daya manusia Indonesia sebagai negara yang berpotensi sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Program Smart Generation (SmartGen) diinisiasi oleh Huawei pada 2017 sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan dan membekali talenta muda Indonesia dengan pengetahuan berbasis teknologi informasi. Tahun lalu, Huawei bekerja sama dengan tujuh universitas terkemuka di Indonesia dalam melakukan berbagai kegiatan seperti Technology Day, Experience Day, serta berbagai bentuk pelatihan lainnya. 

Kepala Divisi Inkubator Industri dan Bisnis Institut Teknologi Bandung, Eueung Mulyana mengatakan saat ini akselerasi teknologi saat ini memang sangat pesat. Sehingga situasi seperti ini menjadikan momentum untuk  memikirkan ulang bagaimana sistem pendidikan.

Tahun ini program SmartGen diperluas cakupannya dengan sasaran penerima manfaat sebanyak 1.000 siswa SMK yang berasal dari 12 SMK di 10 kota di Indonesia (Program SmartGen Penyelarasan SMK dan Dunia Kerja), 300 siswa di satuan lingkungan pendidikan LP Ma arif NU (Program SmartGen: Smart Community), serta sedikitnya 1,500 mahasiswa di delapan universitas terkemuka di Indonesia. 

Huawei Indonesia senantiasa berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas tenaga kerja Indonesia dengan menawarkan berbagai program pelatihan seperti Huawei Experience Day, Huawei Tech Day program pelatihan bersertifikat, serta program Seeds for the Future. Hingga saat ini tercatat Huawei Indonesia telah memberikan pelatihan bagi sedikitnya 12.000 tenaga ahli TIK dan pelatihan serta alih pengetahuan bagi lebih dari 3.000 siswa.