Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 15 Desember 2018

Fix, Stadion Mandala Jadi Home Base Sementara Persib Bandung

Dea Andriyawan Kamis, 04/10/2018 19:10 WIB
Fix, Stadion Mandala Jadi Home Base Sementara Persib Bandung

Bisnis.com, BANDUNG — Buntut insiden saat melawan Persija Jakarta, Persib Bandung mendapat sanksi larangan menggelar home base di Bandung. Menanggapi sanksi tersebut, Persib memilih kandang Perserui sebagai home base Persib selama pemberlakuan sanksi tersebut.

Sebelumnya, Persib Bandung tidak boleh menggelar laga kandang di Pulau Jawa pascainsiden di laga kontra Persija Jakarta pada Liga 1 2018 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (23/9) lalu. Dalam sanksinya, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberikan contoh ke Pulau Kalimantan.

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengaku sangat tidak setuju apabila laga kandang Persib harus keluar dari Bandung. Jikapun keputusan itu tak bisa diganggu gugat, Umuh mumutuskan timnya akan memilih Serui, Papua sebagai markas.

"Saya pun akan ambil keputusan. Ambil saja di Serui yah. Di Irian (Papua). Biar semua mengikuti dan merasakan," ujar Umuh, Kamis (4/9).

Umuh menduga, ada pihak yang tak ingin Persib meraih gelar juara di kompetisi musim ini. Karena itu, Maung Bandung dijatuhi hukuman untuk menggelar laga kandang usiran di Luar Pulau Jawa. Apalagi, hingga pekan ke-23 ini, tim asuhan Mario Gomez tangguh di puncak klasemen.

"Persib sudah yakin bisa jadi juara, lihat sekarang kita di atas terus. Ada yang ketakutan. Ini yang saya sangat aneh," ucapnya.

Menurut dia, serangkain sanksi berat yang dijatuhkan kepada Persib oleh Komdis PSSI dinilai tidak mendasar. Terlebih mengenai usiran laga kandang ke luar Pulau Jawa plus tanpa penonton tersebut.

Menurut Umuh seharusnya Persib masih bisa menggelar laga kandang di Bandung meskipun tetap harus tanpa dihadiri bobotoh. Sebab, insiden pengeroyokan mendiang Haringga Sirila (23), tak terjadi di dalam stadion. Demikain, peristiwa tersebut murni bagian dari kriminalitas. Artinya, PSSI tidak boleh melayangkan hukuman secara global kepada bobotoh.

"Ini karena dia senang saja supaya Persib turun. Bukan Persib yang harus juara. Pasti sudah ditentukan mereka sudah punya jago untuk jadi juara," katanya.

Sebelumnya, Pelatih Persib Mario Gomez pun telah mengatakan akan menggelar laga kandang kontra Madura United di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (9/10) nanti. Bahkan tim akan segera meninggalkan Bandung pada Sabtu (6/10) ini.