Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 20 Oktober 2018

Sumedang Dan Indramayu Bersaing Jadi Embarkasi Haji

Wisnu Wage Selasa, 02/10/2018 10:10 WIB
Sumedang Dan Indramayu Bersaing Jadi Embarkasi Haji
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG---Pemkab Indramayu dan Sumedang bersaing mematut diri agar terpilih sebagai lokasi embarkasi haji untuk penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir mengatakan pihaknya akan segera mengajukan diri ke Pemprov Jawa Barat dan Kementerian Agama agar embarkasi haji bisa dibangun di wilayahnya tepatnya di Kecamatan Ujung Jaya. 

“Ini lokasi untuk embarkasi haji, jaraknya hanya 9 kilometer ke Bandara Kertajati yang lokasinya di Majalengka,” katanya pada Bisnis, Senin (1/10).

Menurutnya pihaknya mengajukan usulan tersebut selain kedekatan jarak, Pemprov Jabar memiliki lahan seluas 36 hektar di Desa Sapu Jaya, Ujungjaya. Lahan seluas itu dinilai Donny tepat dijadikan embarkasi haji Jabar dan fasilitas khusus haji. “Ada rumah sakit haji. Saya sedang berikhtiar mendorong ini ke provinsi,” ujarnya.

Donny mengaku bukan hanya Sumedang yang tertarik menjadi embarkasi haji karena Kabupaten Indramayu juga tengah berupaya keras untuk hal yang sama. Namun pihaknya optimis jika dari berbagai pertimbangan, Sumedang lebih layak untuk dibangun. “Kita bersaing secara sehat, mana yang lebih tepat dari sisi regulasi dan dari sisi lokasi yang strategis,” paparnya.

Pihaknya menggambarkan Ujung Jaya merupakan daerah perbatasan dengan Majalengka. Memiliki luasan hamparan hingga ribuan hektar, posisinya juga dekat dengan rencana BUMD PT BIJB membuka lahan untuk aerocity Kertajati. “Selain dekat bandara, juga dengan dengan Jatigede, karena itu kami siapkan pula kawasan industri,” tuturnya.

Bupati Indramayu Anna Sophanah memastikan pihaknya sudah selangkah lebih maju dan sangat siap untuk menjadi tempat embarkasi haji. Kesiapan ini ditunjukan dengan rencana pelepasan aset milik Pemkab ke Kementerian Agama seluas 7 hektar lebih di Kecamatan Lohbener. “Adanya embarkasi haji juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.