Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Persib Kehilangan 3 Pemain Asing Sebagai Dampak Sanksi Komdis

Newswire Selasa, 02/10/2018 15:15 WIB
Persib Kehilangan 3 Pemain Asing sebagai Dampak Sanksi Komdis
Persib vs Persija
Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Persib Bandung bakal kehilangan tiga pemain pilarnya saat mengarungi kompetisi Liga 1 yang kembali digulirkan 5 Oktober sebagai dampak dari sanksi yang diberikan Komisi Disilipin (Komdis) PSSI per 1 Oktober.

Berdasarkan hasil sidang Komdis PSSI, Senin yang disiarkan laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa, tiga pemain yang mendapatkan larangan bermain adalah Jonatan Jesus Bauman, Ezechiel Ndouasel,  dan Bojan Malisic. 

Ketiga pemain ini mendapatkan sanksi setelah menjalani pertandingan kompetisi tertinggi di Tanah Air saat menghadapi Persija di di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Minggu (23/9). Tim Maung Bandung akhirnya menang dramatis, 3-2.

Pemain asal Argentina, Bauman, mendapatkan sanksi larangan bermain sebanyak dua kali pertandingan setelah terbukti menyikut lawan.

Ezechiel Ndouasel menjadi pemain yang paling berat menerima sanksi. Pemain asal Chad ini tidak boleh bermain memperkuat Maung Bandung sebanyak lima pertandingan. Jelas kondisi ini akan menjadi pukulan telak bagi pemuncak klasemen Liga 1 ini. Ezechiel Ndouasel terbukti telah menyikut dan dengan sengaja mendorong kepala pemain lawan, demikian pernyataan resmi dari Komdis PSSI.

Satu lagi pemain asing yang mendapatkan sanksi adalah Bojan Malisic. Pemain asal Serbia itu mendapatkan sanksi larangan memperkuat Persib selama empat kali pertandingan. Mantan kapten klub asal Hongkong, South China AA ini terbukti menendang pemain lawan.

Sebenarnya ada satu lagi pemain Persib yang mendapatkan sanksi yaitu Ardi Idrus. Hanya saja sanksi yang diberikan Komdis PSSI sebuah teguran keras karena terlibat keributan dengan pemain lawan.

Tidak hanya pemain. Official Persib Bandung juga tidak luput dari lembaga pengadil milik induk organisasi sepak bola Indonesia itu. Dia adalah Fernando Soler. Pria asal Argentina itu mendapatkan sanksi larangan memasuki stadion hingga musim kompetisi 2018 berakhir.

"Jenis pelanggaran: Mengintimidasi wasit dengan kata-kata ‘Kalau Persib tidak menang, maka kalian tidak bisa keluar dari stadion’" demikian pernyataan resmi dari Komdis PSSI.

Selain pemain, klub Persib Bandung dan panitia penyelengara pertandingan juga mendapatkan sanksi. Sanksi yang cukup berat adalah Persib harus menjalani laga usiran dan harus bermain di luar Jawa berikut tanpa penonton hingga kompetisi 2018 berakhir dan pertandingan home tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019.