Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 16 Desember 2018

Gol Sturridge Selamatkan Liverpool Dari Kekalahan

Newswire Minggu, 30/09/2018 03:04 WIB
Gol Sturridge Selamatkan Liverpool dari Kekalahan
Liverpool
lfc

Bisnis.com, LONDON - Penyerang Liverpool, Daniel Sturridge, mencetak gol pada menit 89 demi membuat timnya mengimbangi Chelsea 1-1 dalam laga pekan ketujuh Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Minggu dini hari WIB.

Sturridge baru memasuki menit keempat ia merumput di lapangan sejak menggantikan James Milner pada saat mencetak gol tersebut, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Gol Sturridge tersebut mengubur sorak sorai para pendukung tuan rumah yang menganggap timnya sudah memperoleh tiga poin penuh berkat keunggulan satu gol semata dari Eden Hazard di babak pertama.

Kendati demikian, hasil itu membuat Liverpool harus merelakan posisi puncak klasemen diduduki oleh juara bertahan Manchester City. Walaupun sama-sama mengoleksi 19 poin, Liverpool kalah dalam urusan selisih gol dibandingkan City, sehingga tim besutan Juergen Klopp harus puas ada di urutan kedua.

Sementara itu, Chelsea (17) tetap tak beranjak dari peringkat ketiga.

Liverpool lebih banyak menguasai pertandingan, namun rapatnya barisan pertahanan Chelsea dibarengi penampilan efektif lini depan mereka ketika membangun serangan.

Keunggulan berkat gol Hazard yang berpadu dengan disiplin tinggi pertahanan Chelsea, membuat Liverpool seolah menjadi tim yang berada dalam tekanan. Bukan tekanan dari serangan lawan, melainkan tekanan untuk mencetak gol mengkonversi dominasi permainan.

Peluang pertama datang untuk Liverpool pada saat pertandingan baru berjalan lima menit, namun sepakan Mohamed Salah masih terlalu lemah dan mengarah tepat ke kiper Kepa Arrizabalaga.

Lima menit kemudian, Salah kembali membuang percuma ruang tembak yang terbuka lebih lebar dibanding peluang pertamanya dan malah melepaskan tembakan melambung jauh terbang tinggi dari sasaran.

Di tengah tekanan itu, Chelsea memperoleh peluang pertama mereka saat umpan jauh David Luiz berhasil diterima oleh Willian yang lolos dari jebakan offside dan memaksa penjaga gawang Alisson membuktikan banderol mahalnya pada menit 22.

Tiga menit kemudian kelengahan kembali terjadi dalam organisasi permainan lini tengah Liverpool, yang membuat umpan cepat Jorginho diteruskan oleh Mateo Kovacic kepada Hazard yang berdiri hampir tanpa kawalan dan menusuk ke dalam kotak penalti sebelum menaklukkan Alisson dan membawa Chelsea unggul atas tim tamu.

Liverpool memperoleh peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit 32, dan kali ini Salah melakukan tugasnya dengan baik mengecoh Kepa namun bola sepakannya disapu oleh Antonio Ruediger tepat di garis gawang.

Semenit jelang turun minum, peluang Liverpool kembali terbuang ketika Sadio Mane memilih melepaskan tembakan yang melambung dari sasaran setelah menerima umpan dari Trent Alexander-Arnold ketimbang meneruskannya kepada Milner yang berdiri bebas.

Usai turun minum, Liverpool kian bernafsu mencetak gol namun peluang Mane pada menit 58 digagalkan Kepa, sebaliknya sebuah siasat cerdik tendangan bebas cepat dari Chelsea yang membuat Hazard berlari tanpa kawalan pada menit 64 hanya berakhir dengan penyelamatan gemilang Alisson.

Juergen Klopp melakukan strategi pergantian pemain yang mengejutkan dengan menarik keluar Salah digantikan Xherdan Shaqiri pada menit 66, namun empat menit kemudian legiun Swiss itu membuang peluang di hadapan gawang saat menyambut umpan tarik cantik kiriman Andy Robertson.

Lantas pada menit 72  giliran David Luiz yang menyapu bola di garis gawang dari tandukan Roberto Firmino dan pada menit 84 tendangan bebas Shaqiri dari posisi berbahaya masih mudah dibaca Kepa.

Sturridge masuk menggantikan Milner pada menit 86, yang kemudian terbukti jadi langkah jitu Klopp.

Baru sekira empat menit merumput, Sturridge mendapat sodoran bola dari sesama pemain pengganti, Naby Keita, sebelum melepaskan tendangan keras dan terarah demi menaklukkan kiper termahal dunia sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-1 pada menit 89.

Kedua tim sama-sama menciptakan peluang, tapi tak berhasil mencetak gol tambahan hingga laga usai.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Antonio Ruediger, David Luiz, Marcos Alonso; N'Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic (Ross Barkley); Willian (Victor Moses), Olivier Giroud (Alvaro Morata), Eden Hazard
Pelatih: Maurizio Sarri

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson (Naby Keita), James Milner (Daniel Sturridge); Mohamed Salah (Xherdan Shaqiri), Roberto Firmino, Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp