Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 12 Desember 2018

Waduk Jatigede Bakal Jadi Destinasi Wisata Nasional

Wisnu Wage Minggu, 30/09/2018 13:23 WIB
Waduk Jatigede Bakal Jadi Destinasi Wisata Nasional

Bisnis.com,SUMEDANG—Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang mempunyai potensi besar untuk menjadi sebuah kawasan wisata. 
 
Setelah resmi beroperasi pada 2015 lalu, waduk ini menjadi ramai pengunjung. Menteri Pariwisata RI Arief Yahya pun menargetkan Waduk Jatiede menjadi kawasan wisata nasional.
 
"Jatigede akan kita jadikan destinasi wisata kelas nasional. Kita dukung," Arief Yahya, saat dirinya membuka Festival Pesona Jatigede di Panenjoan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Sabtu (29/9/18) dalam rilis Humas.
 
Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian Pariwisata juga telah mengembangkan desa wisata di sekitar Jatigede. Kata Arief, ada empat desa wisata yang sudah berjalan saat ini.
 
Kementerian Pariwisata pun berkomitmen akan membantu secara penuh pengembangan dunia pariwisata di Jawa Barat. Arief mengusulkan Jawa Barat memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis pariwisata untuk mempermudah perizinan investasi di bidang pariwisata.
 
"Saya akan membantu penuh Jawa Barat untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia," tutur Arief dalam sambutannya.
 
Sementara terkait Festival Pesona Jatigede, Arief menilai meskipun festival ini baru digelar dua kali namun festival ini sukses digelar. Bahkan telah menjadi trending topic nomor 1 di media sosial Twitter pada hari ini.
 
"Saya harus mengakui bahwa untuk event yang baru dua kali dilaksanakan, maka Festival Pesona Jatigede saya nilai sangat berhasil," katanya.