Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 21 November 2018

Emil Akui Pembangunan Pakai Skema KPBU Sulit Diterapkan

Wisnu Wage Jum'at, 14/09/2018 14:56 WIB
Emil Akui Pembangunan Pakai Skema KPBU Sulit Diterapkan
Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mencari konsep tepat pelaksanaan Kerjasama Pemerintah-Badan Usaha (KPBU) guna memuluskan sejumlah program infrastruktur dasar.

ubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan penerapan KPBU dalam proyek infrastruktur selama ini agak rumit dan tidak mudah, sementara daerah dihadapkan pada cekaknya anggaran. “Nah itu, saya sudah tugaskan Asisten Ekonomi untuk memetakan konsep KPBU yang paling cepat,” katanya, Jumat (14/9/2018).
 
Pihaknya berharap jika konsep KPBU yang cepat sudah bisa dipakai, maka pembangunan di Jawa Barat tak lagi mengandalkan APBD dan APBN. 
 
Menurutnya konsep ini sudah berhasil di luar negeri. “Kita kalah cepat dengan dunia maju mereka pakai KPBU semua, kita di Indonesia ribut kalah sama aturan, gagal lagi gagal lagi. APBD lagi, pembangunan jadi lama,” katanya.
 
Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan sudah mendapat tawaran dari BUMN PT Adhi Karya yang tertarik membangun sejumlah infrastruktur dasar seperti air minum, jalan hingga rumah sakit. Adhi Karya menurutnya bisa BUMN ini bisa mengambil KPBU tipe 1 yang bisa langsung mengucurkan dana. 
 
“Kita punya keterbatasan dana untuk pelayanan air minum, kerjasama nanti yang mendanai Adhi Karya bekerjasama dengan PDAM, investasinya nanti dibayar oleh pelanggan,” paparnya di Bandung, Kamis (13/9).
 
Rencana KPBU tipe 2 sendiri menurutnya pihak BUMN maupun swasta membiayai seluruh investasi proyek dan setelah selesai Pemprov Jabar mencicil dengan jangka waktu 5-10 tahun.
 
“Saya minta mereka bangun rumah sakit  nanti jadi duluan bisa siap pakai, sekolah juga begitu, dibangun biar sekolah kita naik kelasnya, lebih baik kita cicil, daripada ngeteng tiap tahun,” katanya.
 
Konsep KPBU ini akan ia tawarkan ke korporasi lain yang bersedia termasuk untuk memenuhi program jalan mulus 100% di Jawa Barat. Jika mengandalkan anggaran pemerintah, kemantapan jalan hingga pelosok desa sulit terwujud dalam waktu cepat.
 
“Kalau dengan konsep KPBU dalam waktu dua tahun Inshaallah bisa selesai, nilainya belum masih dihitung,” paparnya.