Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 23 September 2018

Reaktivasi Jalur Kereta, Emil Ingin Budaya Naik Kereta Tumbuh Lagi

Wisnu Wage Kamis, 13/09/2018 11:37 WIB
Reaktivasi Jalur Kereta, Emil Ingin Budaya Naik Kereta Tumbuh Lagi
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dan Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG--PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah memfokuskan kembali rencana reaktivasi jalur kereta api di Jawa Barat. 
 
Ada empat jalur yang akan dihidupkan kembali diantaranya jalur ini akan mencakup rute Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.
 
Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil menilai, reaktivasi jalur kereta dipandang menguntungkan bagi masyarakat karena ada kemudahan transportasi. 
 
Menurutnya, daerah-daerah yang dilalui lajur kereta api dinilai bisa tumbuh perekonomiannya karena ada pergerakan orang dan barang, dengan aksesbilitas yang semakin mudah.
 
Disamping itu, Emil, sapaan akrabnya, ingin juga dibangun stasiun-stasiun baru di titik- titik wisata, perumahan, ataupun di titik- titik keramaian, untuk memecah kepadatan.
 
"Saya ingin mengembalikan budaya naik kereta. Saya ingin Jawa Barat seperti Eropa, masyarakat kemana- mana bisa naik kereta karna nyaman dan terintegerasi," katanya, Kamis (13/9/2018).
 
Proyek reaktivasi ini pun diharapkan mampu selesai, dan dapat langsung terintegerasi dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.