Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 17 November 2018

Jabar Masifkan Pemeriksaan Kelaikan Bus Pariwisata

Wisnu Wage Kamis, 13/09/2018 11:27 WIB
Jabar Masifkan Pemeriksaan Kelaikan Bus Pariwisata

Bisnis.com,BANDUNG—Dinas Perhubungan Jawa Barat mengintensifkan dan menggalakan pemeriksaan atau ramp check bus pariwisata di sejumlah titik wisata paska kecelakaan maut di Cikidang, Sukabumi.

Kadishub Jabar Dedi Taufik mengatakan paska kejadian pihaknya bersama aparat terkait mulai menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan di sejumlah jalur. Pemeriksaan dilakukan saat hari libur atau akhir pekan.

“Kemarin di Lembang, dari 29 bus, sebanyak 17 layak jalan,” katanya di Bandung, Rabu (12/9).

Menurutnya ramp check di saat yang bersamaan juga dilakukan di Tol Jakarta-Bogor-Ciawi. Dari temuan di lapangan, sejumlah bus pariwisata dipastikan tidak laik karena ditemukan berbagai kekurangan dari sisi kelengkapan administrasi hingga kondisi bus.

“Ada fungsi penunjang yang tidak berfungsi, kami lakukan ramp check ini untuk bus pariwisata,” ujarnya.

Pihaknya memfokuskan pemeriksaan pada bus pariwisata mengingat sejumlah kejadian kecelakaan hingga yang terakhir di Cikidang menyebabkan banyak korban jiwa. 

Selain itu pihaknya juga sudah mendesak agar perusahaan oto bus secara berkala melakukan pengujian di pool masing-masing. “Kita fokuskan ramp check, ini sebagai upaya jangka menengah,” paparnya.