Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 23 September 2018

Sekda Se-Jabar Berkumpul Di Gedung Sate, Ada Apa?

Wisnu Wage Rabu, 12/09/2018 11:27 WIB
Sekda se-Jabar Berkumpul di Gedung Sate, Ada Apa?

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengumpulkan Sekretaris Daerah (Sekda) se-Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/9/2018).
 
Acara bertajuk Sinergitas Pembangunan ini dihadiri oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Sekda Jabar Iwa Karniwa dan seluruh eselon II Pemprov Jabar. Ridwan Kamil sendiri saat acara dimulai pukul 10.00 belum muncul karena masih di Polda Jabar.
 
Sekda Iwa Karniwa mengatakan ada 25 Sekda hadir pada acara ini kecuali Sekda Bogor dan Sekda Kuningan yang dilaporkan sakit. Sementara eselon II hanya empat pejabat yang tidak hadir karena tengah ada acara yang tidak bisa diwakilkan. 
 
“Acara ini bagian dari implementasi peraturan pemerintah dimana gubernur adalah sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Berdasarkan PP tersebut Pak Gubernur dan Pak Wagub akan memberikan informasi langsung terkait visi misi dan kanjo kampanye dimana sekarang dalam proses diajukan untuk pembahasan menjadi Perda RPJMD 2018-2023,” paparnya.
 
Menurutnya berdasarkan Pasal 91 ayat 1 Undang-Undang 23/2014, gubernur memiliki kewajiban menyelaraskan perencanaan pembangunan di kabupaten/kota. Karena itu Iwa menilai acara ini merupakan bentuk komitmen kepemimpinan baru di Jawa Barat.
 
“Ini sinyal yang kuat dari kepemimpinan Pak Ridwan Kamil dan Kang Uu saat ini dalam membangun sinergitas dengan pemerintah kabupten/kota se Jawa Barat. Ini untuk mewujudkan  Jabar juara lahir batin dalam kolaborasi dan inovasi,” tuturnya.
 
Iwa juga menuturkan Ridwan Kamil dan Uu akan memfokuskan bantuan keuangan ke daerah lebih ke infrastruktur. Hal ini karena dari laporan Bappeda jalan di daerah kemantapannya baru 70% juga masih rendahnya index panen di daerah. “Bantuan keuangan akan lebih ke fisik, karena itu yang lebih terasa oleh masyarakat,” ujarnya.