Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 23 September 2018

Kenapa Penerbangan Bandara Kertajati Masih Sepi?

Wisnu Wage Rabu, 12/09/2018 10:20 WIB
Kenapa Penerbangan Bandara Kertajati Masih Sepi?

Bisnis.com,BANDUNG--Penerbangan domestik ke dan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka masih minim. Apa penyebabnya?

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan upaya pihaknya membuka rute domestik masih menemui jalan buntu meski sejumlah maskapai banyak mengajukan slot rute penerbangan. 

“Di kita nya kosong, tinggal di bandara tujuan slotnya penuh. Surat-surat sudah masuk permintaan penerbangan,” katanya pada bisnis, Rabu (12/9/2018).

Menurutnya permintaan penerbangan antara lain ke Bali, Kualanamu Medan, hingga ke Lampung. Kertajati membutuhkan penerbangan lain, mengingat saat ini baru satu slot diisi oleh Citilink yang membuka penerbangan ekstra Kertajati-Surabaya-Bali.

“Kalau bandara beroperasai 24 jam, diminta oleh penerbangan di slot yang padat jadi mereka nolak,” tuturnya.

Load factor Cilitink penerbangan dari Kertajati pun kini turun drastic setelah maskapai tersebut mengalami pemindahan jadwal dari pagi menjadi sore. 

Persoalan ini membuat Citilink juga tengah mengevaluasi masalah jam penerbangan. “Yang Citilink, load factor-nya langsung turun dari 95% ke 55%, sekarang mengajukan perubahan lagi ke pagi,” ujarnya.