Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 17 Agustus 2018

10.000 Relawan Gabung Beberes Bandung

Dea Andriyawan Kamis, 09/08/2018 18:32 WIB
10.000 Relawan Gabung Beberes Bandung

Bisnis.com, BANDUNG — 10.000 relawan akan turun di acara “Beberes Bandung” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Beberes Bandung akan digelar pada 11-12 Agustus 2018 mendatang.

Beberes yang secara harfiah dalam Bahasa Sunda berarti merapikan merupakan kegiatan mempercantik Kota Bandung menjelang pesta kemerdekaan pada 17 Agustusmendatang dan gelaran Asian Games 2018.

Panitia pun telah membuka pendaftaran melalui tautan s.id/bbrsbdg. Hingga kini, telah ada 2.000 relawan yang sudah mendaftar.

“Sebetulnya kita targetkan 1.000 orang yang mendaftar melalui tautan tadi. Tapi kabar terakhir pendaftar sudah mencapai 2.000 orang. Pendaftaran akan ditutup hari Jumat sore,” ujar Ketua Harian Forum Rembug Peduli Bandung Sehat dr. Siska dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Kamis (9/8).

Selain lewat pendaftaran, relawan lainnya berasal dari unsur kewilayahan dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Akan ada 9.000 relawan dari 30 kecamatan di Kota Bandung.

“Belum lagi dari Dinas Pekerjaan Umum, PD Kebersihan, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, TNI dan Polri, itu belum terhitung. Pikir kami akan ada lebih dari 12.000 orang,” ujar Siska.

Pada 11 Agustus, Beberes Bandung akan dititikberatkan di kewilayahan. Sedangkan pada tanggal 12 Agustus, event akbar itu akan difokuskan di pusat Kota Bandung. Area yang akan dipercantik adalah Jalan Asia Afrika, Alun-alun Bandung, Gedung Merdeka, dan Gedung Sate.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Tris Avianti menambahkan, selain membersihkan gorong-gorong dan trotoar, para relawan juga akan mengecat tiang listrik, mengganti bunga-bunga yang sudah kering, dan menyarungi pohon dengan kain berwarna kuning, hijau, dan biru.

“Pokoknya kita akan buat Kota Bandung kembali berbunga, lebih cantik, dan bersih untuk menyambut Hari Kemerdekaan,” ucap Tris.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Arief Prasetya menambahkan, pihaknya bahkan telah menyiapkan acara ini sejak 2 minggu sebelumnya. Ia dan tim telah mengecat marka jalan, memperbaiki trotoar dan jalan yang rusak, mengecat tiang penerangan jalan umum, serta memasang umbul-umbul dan bendera kontingen Asian Games.

“Kami juga akan menerjunkan Unit Reaksi Cepat kami sebanyak 600 orang. Itu di luar jumlah relawan yang 10.000 itu,” tutur Arief.

Kegiatan Beberes Bandung akan dimulai pada pukul 07.00WIb di dua hari tersebut. Khusus pada 11 Agustus, Kota Bandung juga akan diramaikan dengan kegiatan penyambutan obor Asian Games yang akan tiba di Kota Bandung pada pukul 08.00 WIB melalui pintu Tol Pasteur. Obor kemudian akan diarak hingga menuju Gedung Sate.