Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 19 Oktober 2018

Pembangunan Skywalk Cihampelas Tahap II Segera Dimulai

Dea Andriyawan Kamis, 09/08/2018 15:26 WIB
Pembangunan Skywalk Cihampelas Tahap II Segera Dimulai
Teras Cihampelas

Bisnis.com, BANDUNG — Pembangunan Skywalk Cihampelas tahap dua akan segera dimulai. Nantinya, pembangunan ini akan menyambungkan Skywalk yang disebut Teras Cihampelas tersebut hingga Jalan Layang Pasupati.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan lelang. Saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi dan siap melakukan pembangunan.

"Sudah lelang dan kemarin sudah sosialisasi. Sekarang sudah siap dilakukan pemancangan tiang-tiangnya," ujar Arief dalam Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Kamis (9/8).

Menurut Arief, proyek senilai Rp 9 miliar ini ditargetkan rampung pada akhir 2018 ini. Nantinya, Skywalk Cihampelas tahap dua ini akan memiliki panjang sekitar 250 meter.

"Insyaallah targetnya empat bulan beres. Panjang 250 ke arah bawah," katanya.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan desain pembangunan Skywalk tahap dua ini tidak akan jauh berbeda dengan Skywalk tahap satu yang sudah berdiri. Hanya saja, jika Skywalk tahap satu diperuntukan bagi pejalan kali dan Pedagang Kaki Lima (PKL), maka peruntukan Skywalk tahap dua ini hanya bagi pejalan kaki saja.

"Jadi tidak ada untuk para pedagang, tapi khusus untuk pedestrian orang. Di tugas pokok kami di tugas jembatannya, kalau untuk PKL-nya itu di temen-temen koperasi dan UMKm. Kalau memang temen-temen ada itu mangga kita bicarakan bagaimana. Cuma kami tidak mendesain untuk adanya penampungan PKL ini hanya ruang publik dan untuk pedestrian," jelasnya.

Sementara itu, guna menghindari dampak kemacetan akibat aktifitas pembangunan, pihaknya akan melakukan pembangunan pada malam hari. Ia pun meminta maaf jika nantinya proses pembangunan Skywalk jilid dua ini berdampak pada aktifitas masyarkat.

"Kita hindari pekerjaan siang hari. Siang hari kita akan bekerja tapi malam-malam kita akan melakukan pekerjaan yang melintang. Jadi warga bandung mohon maaf kita ada pekerjaan skywlak tahap II," pungkasnya.