Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 24 Oktober 2018

Jabar Antisipasi Kebakaran Hutan Ganggu Asian Games

Wisnu Wage Selasa, 07/08/2018 10:08 WIB
Jabar Antisipasi Kebakaran Hutan Ganggu Asian Games

Bisnis.com, ,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kehutanan melakukan sejumlah antisipasi terjadinya kebakaran hutan saat musim kemarau dan menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihaknya sudah melakukan antisipasi dan bersikap waspada karena kebakaran hutan di saat musim kemarau bisa saja terjadi di Jabar. “Sekaligus antisipasi Asian Games, jangan sampai ada kebakaran hutan yang pada akhirnya mengganggu pertandingan akibat adanya asap,” katanya di Bandung, Senin (6/8).

Menurutnya berdasarkan sura edaran Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE13/PHPL/UHP/HPL.1/2018 tanggal 28 Mei 2018 lalu, Dinas Kehutanan Jabar sudah mengeluarkan surat edaran pada seluruh pengelola dan pemangku kawasan kehutanan di Jabar.

Surat dikirim ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar, pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, dan Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jabar Banten. “Selain juga ke seluruh Dinas Kehutanan yang ada di kabupaten,” paparnya.

Sekda menuturkan seluruh pemangku kawasan diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh elemen pengaman hutan dan lahan yang terkait dengan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. “Bentuknya dengan melaksanakan pelatihan, simulasi serta apel siaga pengendalian kebakaran hutan,” tuturnya.

Seluruh pihak juga diminta untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan bersama instansi terkait seperti TNI, BPBD, kepolisian dan kelompok masyarakat. “Kami juga minta aktif untuk memantau hotspot melalui website Sipongi dan cuaca harian serta informasi system peringkat bahaya kebakaran bekerjasama dengan BMKG,” ujarnya.

Saat Asian Games, Jawa Barat akan menyediakan venue untuk cabang olahraga (cabor) sepakbola di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi, dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, venue road bicycle racing di Kabupaten Subang, venue Kano Slalom di Bendung Rentang Majalengka, venue Paragliding di gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor, serta venue Mountain Bike Cycling di kawasan hutan Bunihayu Kabupaten Subang.