Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

3 Mantan Juara Eropa Melaju Di Kualifikasi Liga Champions

Newswire Kamis, 02/08/2018 15:32 WIB
3 Mantan Juara Eropa Melaju di Kualifikasi Liga Champions

Bisnis.com, ZURICH - Tiga mantan juara Eropa Red Star Beograd, Ajax Amsterdam, dan Celtic melaju ke putaran ketiga kualifikasi Liga Champions pada Rabu, setelah selamat dari ancaman di pertandingan-pertandingan tandang.

Namun FC Basel, yang kerap tampil di fase grup dalam beberapa musim terakhir, yang tersingkir setelah secara memalukan kalah 0-3 dari PAOK yang terjadi hanya sepekan setelah mereka memecat Raphael Wicky.

Penyerang veteran Klaas-Jan Huntelaar mencetak dua gol, sedangkan Dusan Tadic juga menyumbang gol saat Ajax menang 3-1 di kandang tim Austria Sturm Graz pada pertandingan leg kedua putaran kedua mereka. Kemenangan agregat 5-1 mereka membuat mereka akan bertemu dengan Standard Liege.

Satu-satunya catatan tidak menyenangkan dari mantan juara Eropa empat kali itu adalah gol bunuh diri yang dibukukan kiper Andre Onana, yang gagal mengendalikan bola "back pass" dan justru mendefleksikan bola masuk ke gawangnya sendiri pada menit ke-89.

Gol-gol yang yang dibukukan El Fardou Ben Nabouhane dan Nemanja Radonjic di babak pertama membawa Red Star menang 2-0 di markas tim juara Lithuania Suduva Marijampole, ketika tim Serbia itu mencatatkan kemenangan agregat 5-0. Mereka akan menghadapi tim Slovakia Spartak Trnava pada putaran selanjutnya.

Sementara itu, hasil imbang tanpa gol di markas tim Norwegia Rosenbrog sudah cukup bagi tim juara Skotlandia Celtic, yang lolos berkat kemenangan 3-1 di markas sendiri pekan lalu dan akan bertemu AEK Athena.

Basel, yang menang atas Manchester United dalam perjalanannya mencapai 16 besar musim lalu, tidak mampu bangkit setelah membuat Fernando Varela tidak terkawal untuk mencetak gol dari tendangan sudut pada menit ketujuh di markas PAOK.

Tim Swiss itu kembali kemasukan tujuh menit sebelum turun minum, ketika Aleksandar Prijovic mendapat bola panjang dari tendangan gawang dan memasukkan bola ke gawang lawan.

Omar El Kaddouri mengemas gol ketiga untuk klub Yunani itu dari tepi kotak penalti pada menit ke-60.

Juara Azerbaijan Qarabag, yang melakukan debutnya di fase grup pada tahun lalu, mengalahkan tim Albania Kukes dengan skor 3-0 melalui dua penalti yang dikonversi pemain Spanyol Dani Quintana dan satu gol larut dari Dzon Delarge.

Tim tamu harus kehilangan pemain bertahan Albi Alla yang diusir keluar lapangan pada awal babak kedua untuk membuat timnya dihukum penalti, yang gagal dimaksimalkan Innocent Emeghara.

Malmo, yang merupakan runner up pada 1979, melaju berkat hasil imbang 1-1 dengan tamunya CFR Cluj setelah Arnor Ingvi Traustason mencetak gol pada awal babak kedua untuk membatalkan gol pembukaan Damjan Djokovic untuk tim Romania tersebut. Tim Swedia itu menang agregat 2-1.

BATE Borisov, juara Belarus untuk 12 musim terakhir, melaju berkat kemenangan 2-1 di markas HJK Helsinki setelah bermain imbang 0-0 di leg pertama, sedangkan juara Kazakhstan Astana dan tim Hungaria Vidi juga lolos ke putaran selanjutnya.