Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 Agustus 2018

Iriawan Tolak Permintaaan AP II Soal 25% Saham BIJB

Wisnu Wage Selasa, 31/07/2018 09:27 WIB
Iriawan Tolak Permintaaan AP II Soal 25% Saham BIJB
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG—PT Angkasa Pura II (AP II) meminta porsi kepemilikan saham di PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) naik dari 20% menjadi 25%.
 
Penjabat Gubernur Jabar M Iriawan mengatakan upaya permintaan kenaikan porsi saham dalam PT BIJB sampai saat ini belum mendapatkan keputusan apapun terutama dari Pemprov Jabar selaku pemegang saham mayoritas.
 
“Tentu kita ingin yang terbaik soal komposisi saham tersebut. Dulu kan 20%, sekarang minta 25%,” katanya di Bandung, Senin (30/7) kemarin.
 
Menurutnya bukan persoalan mudah bagi Pemprov melepas saham lebih besar bagi AP II mengingat ada urusan payung hukum yang harus dituntaskan. “Saya harus konsultasi dengan DPRD karena mereka tahunya 20%. Kami juga akan merapatkan dengan Menko Maritim nanti akan saya sampaikan dengan pejabat terkait,” tuturnya.
 
Menurutnya di masa pemerintahan Ahmad Heryawan sudah ada kesepakatan bahwa saham AP II di BUMD tersebut hanya 20% dengan alasan bandara tersebut dibiayai mayoritas oleh APBD Jabar dan tanah yang dikuasai oleh Pemprov. “Nah kami kira-kira akan mendiskusikan itu ,” ujarnya.
 
Iriawan mengaku berat memenuhi permintaan AP II terkait kenaikan di atas 20% tersebut. Namun pihaknya berharap ada solusi persoalan ini setelah pihaknya berkonsultasi dengan sejumlah stakeholder. “ Nggak mau kita,  25% maksimal itu, karena sudah ada 20% sebelumnya,” paparnya.