Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 15 November 2018

Pemprov Pastikan Pelabuhan Patimban Siap Groundbreaking

Wisnu Wage Selasa, 10/07/2018 10:08 WIB
Pemprov Pastikan Pelabuhan Patimban Siap Groundbreaking
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan rencana groundbreaking Pelabuhan Patimban, Subang bisa berjalan mengingat  urusan dokumen teknis sudah tuntas.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik mengatakan pihaknya pekan lalu mengikuti rapat persiapan Pelabuhan Patimban dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Kemudian, pihaknya juga menindaklanjuti dengan menggelar rapat teknis dengan Pemkab Subang. “Intinya keseluruhan sudah siap,” katanya di Bandung, Senin (9/7/2018).

Menurutnya seluruh dokumen teknis yang dibutuhkan guna memulai peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo pada Juli ini sudah selesai dipersiapkan. Dedi menunjuk selain Keputusan Gubernur Jabar soal penetapan lokasi (Penlok), dokumen Daerah Lingkungan Kerja pun sudah ada. “Baru kemarin ditandatangani,” ujarnya.

Selain itu dokumen analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan tatanan perencanaan wilayah menurutnya sudah siap pula. Karena itu proses groundbreaking dinilai Dedi bakal bisa digelar mengingat persiapan pembebasan lahan pun sudah mulai berjalan. “Sekarang sedang dilakukan ke Kecamatan Pusaka Negara ada beberapa desa,” paparnya.

Dedi memastikan proyek yang dibiayai oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) tersebut dari sisi lahan pun tidak akan menghadapi persoalan rumit. 

Menurutnya pemilik lahan di Desa Patimban pada umumnya bertempat tinggal di luar Desa Patimban, diantanya Desa kalentambo, Rancadaka, Gempol, dan sebagian kecil berada di luar Kabupaten Subang.