Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 19 September 2018

Belum Bisa Selesaikan Janji Kampanye, Emil Janji Tuntaskan Saat Jadi Gubernur

Dea Andriyawan Senin, 09/07/2018 19:46 WIB
Belum Bisa Selesaikan Janji Kampanye, Emil Janji Tuntaskan Saat Jadi Gubernur
Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Di ujung masa kepemimpinannya sebagai Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengaku pihaknya belum mampu menuntaskan 100 persen janji kampanyenya yang disampaikan pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung 2013-2018 lalu.

Namun ia berjanji saat dirinya secara sah memimpin Jawa Barat nanti, dia akan membantu pengentasan sisa janji kampanyenya tersebut.

“90 (persen) lah ya, 10 (persen) nya yang berat-berat,” kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, di Bandung, Senin (9/7).

Ia mengatakan, yang masih menjadi pekerjaan rumah dirinya sebelum ngantor di Gedung Sate, yakni menuntaskan sejumlah pelelangan. Ia mengaku setiap tahun paling tidak ada lima pembangunan infrastruktur di Kota Bandung.

“Pelelangan - pelelangan aja karena warga Bandung setiap Desember menanyakan aya naon nu anyar (ada apa yang baru ya?) kan,” katanya.

Namun kata dia, di pelelangan 2018 ini, pihaknya tidak dapat memonitor dengan baik.

Sehingga yang menjadi pekerjaan rumah paling besar adalah urusan infrastruktur, di mana Cable Car, Light Rail Transit dan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Cicadas.

Namun ia mengklaim, urusan transportasi lah yang paling sulit diselesaikan olehnya bersama wakilnya yang kini juga menang di Pilwalkot Bandung menjadi Wali Kota Bandung terpilih setelah unggul pada rekapitulasi KPU.

“Itu 2018 ini kemarin kan tidak termonitor, jadi kebanyakan infrastruktur ya, kalau transfortasi karena masalahnya lebih kompleks,” katanya.

Namun ia berjanji akan menyelesaikan janji tersebut saat dirinya menduduki Gedung Sate nantinya bersama mantan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum.

“Bisa saya bantu saya selesaikan setelah saya menjadi gubernur gak ada masalah,” katanya.

Terlebih, yang terpilih menjadi Wali Kota Bandung periode 2018-2023 adalah Ode M Danial, Wakilnya memimpin Jabar hampir lima tahun ini. Sehingga menurutnya Mang Oded sapaan akrab Oded, bisa meneruskan program tersebut dibantu oleh kebijakannya di Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Mang oded kan sudah hatam gausah ngonsep lagi,” katanya.

Sementara itu, ia juga meminta Mang Oded mampu mempertahankan prestasi dan penghargaan yang telah diraih selama dirinya menjadi Wali Kota Bandung.