Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Juli 2018

Sekda Jabar Masih Optimistis Penerbangan Haji Dari Kertajati

Wisnu Wage Jum'at, 06/07/2018 09:37 WIB
Sekda Jabar Masih Optimistis Penerbangan Haji Dari Kertajati
Sekda Jabar Iwa Karniwa

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat tetap optimistis jemaah haji 2018 berangkat dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka. Jumlah jemaah haji asal Jabar tercatat mencapai 38.852 orang, terbanyak se-Indonesia.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengaku upaya memberangkatkan jemaah haji melalui BIJB masih berproses. Pada Selasa (3/7/2018) kemarin, dirinya telah bertemu langsung dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Bekasi dalam acara pengukuhan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Bekasi.
 
"Ahamdulillah sudah dalam proses, masih ada peluang untuk bisa (memberangkatkan haji)," ujarnya Jumat (6/7/2018).
 
Menurutnya dukungan lobi terhadap Kementerian Agama penting dilakukan karena punya kewenangan dalam keberangkatan haji. Sebelumnya, dukungan serupa telah didapatkan dari Kementerian Perhubungan dan Imigrasi.
 
"Nanti biar dari Kementerian Agama yang memang secara tupoksi dia yang mengurusi. Informasi dari Pak Kanwil langsung ke Kemenag," katanya.
 
Meski demikian, pihaknya mengakui bukan perkara mudah mendapat dukungan dari Kemenag. Sebab, BIJB belum memiliki embarkasi seperti di Bekasi yang sudah terintegrasi dan terpadu.
 
Dia menjelaskan Indonesia baru kali ini mendapat kepercayaan dari pemerintah Arab Saudi untuk melakukan proses imigrasi negara yang bersangkutan secara langsung di embarkasi. Adapun proses untuk mendapat kepercayaan tersebut membutuhkan waktu hingga 3 tahun.
 
Paling tidak ada 15 tahapan yang perlu dilalui agar keberangkatan haji via BIJB bukan sekedar mimpi.
 
"Ini hal luar biasa yang perlu dijaga, memang perlu hati-hati tapi sudah ada solusi dan sedang dibahas. Intinya masih optimis pelaksanaan keberangkatan sebagian (jamaah haji) di BIJB," pungkasnya.