Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 13 November 2018

Yanto Tak Lagi Tidur Di Kandang Domba

Wisnu Wage Kamis, 05/07/2018 11:15 WIB
Yanto Tak Lagi Tidur di Kandang Domba

Bisnis.com,CIANJUR—Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat membuatkan sebuah rumah layak huni untuk Yanto Sugiyanto (44). Dia merupakan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. 

Selama ini, Yanto dan keluarganya tinggal di sebuah kandang domba. Kandang tersebut berdiri di atas tanah milik orang tuanya. Hal tersebut terpaksa dia lakukan karena gubuk tempatnya tinggal sudah tidak cukup lagi menampung seluruh anggota keluarganya. 

Saat Dedi Mulyadi berkunjung ke rumah Yanto, Rabu (4/7/2018) sore,suami dari Yanti (40) itu sedang tidak berada di rumah. Menurut keterangan sang istri, dia sedang beraktivitas sebagaimana biasa. Yakni, menyabit rumput untuk domba tetangganya.

“Ini domba teh sebenarnya milik tetangga. Kang Yanto hanya menyabitkan rumput untuk makan domba-domba itu. Kerjanya memang nyabit rumput, sehari dapat 4 karung. Satu karung dihargai Rp5 ribu,” tutur Yanti.

Pernikahannya dengan Yanto telah dikaruniai 4 orang anak. Keempat anaknya tinggal di gubuk milik Ibu Yanto, tepat bersebelahan dengan kandang domba. Sementara dirinya dan Yanto harus rela tidur di kandang domba karena keterbatasan tempat. 

“Kamarnya penuh. Jadi terpaksa tinggal di kandang domba,” singkat Yanti. 

Dedi Mulyadi mendengar tentang keberadaan keluarga itu melalui koleganya di Cianjur. Melalui orang tua Yanti, dia meminta izin untuk membuatkan rumah bagi anak dan menantunya itu. 

“Mulai besok, seizin Mak Lilis dan Pak Mukhtar (orang tua Yanti), kita buatkan rumah. Nanti agar anggota keluarga Kang Yanto bisa lengkap tinggal di satu rumah,” kata Dedi. 

Selain membangun rumah, kader Nahdlatul Ulama itu juga memberikan bantuan hewan ternak domba untuk Yanto. Terhitung mulai besok, Yanto sudah memiliki hewan ternak sendiri. Volume sabitan rumputnya pun dipastikan meningkat karena hewan ternak yang dia urus kini bertambah. 

“Saya kirim 4 ekor domba ke sini, kita bantu memperluas kandang dombanya biar cukup. Kalau ternaknya punya sendiri kan ekonomi keluarga Kang Yanto bisa meningkat,” ucapnya.