Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Juli 2018

Bikin KTP Di Cirebon Sehari Jadi

Newswire Selasa, 03/07/2018 09:51 WIB
Bikin KTP di Cirebon Sehari Jadi
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, Jawa Barat, sudah beberapa bulan terakhir menerapkan layanan pembuatan KTP sehari jadi.

"Begitu hari ini mendaftar, besok sudah bisa didapatkan," kata Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Sanusi.

Menurut Sanusi, penerapan layanan  sejak April itu merupakan upaya untuk melayani masyarakat yang ingin membuat kartu penduduk.

Dia mengatakan, layanan itu khusus untuk warga Kota Cirebon yang melakukan perekaman dan pendaftaran di kantor Disdukcapil.
 
Strategi yang digunakan kata Sanusi, salah satunya dengan menerapkan kuota bagi mereka yang mendaftar di kantor Disdukcapil.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cirebon Eli Haryati bahwa pendaftaran dibuka dalam dua gelombang setiap harinya.

Gelombang pertama dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Setelah mencapai kuota, maka pendaftaran pun ditutup. "Kemudian kami mulai mengerjakan dokumen yang diajukan pada pendaftaran gelombang pertama ini," katanya.

Dengan sistem tersebut, diharapkan pendaftar pada gelombang pertama dokumen yang mereka minta, baik itu KTP-el, Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Induk Anak (KIA) selesai sore hari dan bisa diambil besok paginya pada interval waktu yang sama.

Sedangkan gelombang kedua dibuka dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB, pengerjaannya dilakukan oleh staf mereka hingga malam hari.

"Ini belum ditambah pengajuan pembuatan KTP elektronik maupun KK yang dikirimkan dari kantor kecamatan," ujarnya.