Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 19 September 2018

Sisa Lahan Seksi I Tol Bocimi Yang Belum Dibebaskan Tinggal 0,50%

Wisnu Wage Jum'at, 22/06/2018 15:03 WIB
Sisa Lahan Seksi I Tol Bocimi Yang Belum Dibebaskan Tinggal 0,50%
Sekda Jabar Iwa Karniwa

Bisnis.com,BANDUNG--Sekretaris Daerah Prov. Jabar Iwa Karniwa memastikan urusan lahan Tol Bocimi harus menjadi perhatian penting mengingat target seksi I sudah semakin dekat. 

Dia mencatat sebelum hari Raya Idul Fitri, seksi I sepanjang 15 kilometer pembebasan lahannya masih tersisa di wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

“Tinggal 0,50% yang belum bebas. Untuk lahan yang belum bebas masih ada sekitar 26 bidang atau sekitar 8,716 meter persegi. Ini ada di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor,” katanya di Bandung, Jumat (22/6/2018).

Dia memaparkan sejumlah persoalan yang belum tuntas antara lain ada satu bidang lahan tumpang tindih, pemilik yang komplen soal luasan di satu bidang, hingga ada satu bidang yang mengembalikan uang ganti rugi dan 10 bidang masih melakukan negoisasi. “Agustus seksi I ini dijadwalkan selesai, tapi capaian ini tergantung sisa pembebasan lahan,” paparnya.

Untuk mempercepat sisa lahan pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN). Permohonan terutama pada BPN Bogor yang diharapkan bisa turut mempercepat urusan ganti rugi di lapangan.

“Kita akan koordinasikan lagi target Agustus, tapi kita berharap jalan tol ini bisa bergerak lebih cepat,” ujarnya.

Seksi I sendiri saat ini fisiknya sudah mencapai 90,18% dimana terjadi deviasi 0,47% dari target. Fisiknya saat ini tengah fokus membangun 39 buah jembatan underpass dan overpass dimana sebanyak 33 jembatan sudah tuntas.

“Yang masih berproses dibangun 6 jembatan, 4 diantaranya jembatan over pass,” katanya.