Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 16 Agustus 2018

Menhub: Penggunaan Roda 4 Dan 2 Mudik Tahun Ini Turun

Dea Andriyawan Selasa, 12/06/2018 10:57 WIB
Menhub: Penggunaan Roda 4 dan 2 Mudik Tahun Ini Turun
Menhub Budi Karya S
Antara

Bisnis.com, PURWAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya menyebut pada libur panjang Idulfitri 1439 H kali ini, terjadi penurunan presentase angka penggunaan kendaraan roda empat ataupun roda dua dibanding tahun lalu oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

“Dari pengumpulan data-data yang ada di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah ada satu angka-angka yang menggembirakan, karena pertumbuhan dari roda empat dan roda dua itu turun,” katanya saat meninjau Posko Terpadu Mudik Lebaran 2018, Cikopo, Purwakarta (12/6).

Menurutnya penyebab penurunan angka penggunaan roda empat dan dua pada aktifitas mudik ini dikarenakan masyarakat lebih memilih moda transportasi lain yang dianggap lebih efisien.

“Karena selain bus itu bertambah mudik gratis bertambah dan juga ada angkutan kapal mudik gratis,” katanya.

Selain itu, juga terjadi penurunan pada kecelakaan lalulintas, kemudian kecepatan berkendara naik sedangkan kepadatan lalu lintas turun.

“Jadi semua angka itu menunjukan angka-angka yang baik,” katanya.

Bahkan pada sektor penerbangan terjadi pertumbuhan yang signifikan dari dua bandara besar yakni Halim dan Soekarno Hatta yang jika dibandingkan dengan tahun yang lalu, pada empat hari terakhir, terjadi kenaikan kurang lebih 14 persen.

Selain itu, Ia pun mengklaim bahwa perjalanan mudik yang terasa lebih lancar kali ini adalah berkat kerjasama yang baik antar pihak yang berkepentingan.

“Tentunya pemerintah berusaha, bahkan presiden memang mengarahkan kami untuk menjadikan mudik ini lebih baik dari tahun lalu,” katanya.

Salah satu koordinasi yang baik yang telah terjalin pada penanganan mudik lebaran ini adalah bagaimana Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan menyiapkan sarana prasarana.

“Polri membuat tata laksana dari pekerjaan ini lebih baik,” katanya.

Kemudian, pihaknya pun melakukan edukasi dan menginformasikan tips mudik yang baik terhadap masyarakat. Sehingga apa yang dilakukan oleh masyarakat pada mudik kali ini relatif lebih baik dibandingkan tahun lalu. 

 

“Seperti pemudik yang menggunakan sepeda motor kalo tahun lalu naiknya kan 30%, kalo tahun ini turun 12%,” tandasnya.