Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 10 Desember 2018

Menhub Prediksi Hari Ini Puncak Arus Mudik Kembali Terjadi

Dea Andriyawan Selasa, 12/06/2018 10:35 WIB
Menhub Prediksi Hari Ini Puncak Arus Mudik Kembali Terjadi
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, PURWAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan puncak arus mudik diprediksi akan kembali terjadi pada H-3 Idulfitri 1439 H.

“Dalam sisa arus mudik di H-3 diprediksi harusnya hari ini dan besok ada peningkatan sesuai dengan riset yang kami lakukan, kita lihat hari ini, Insha Allah walaupun dalam puncak ke dua kita bisa manage mudik kali ini,” katanya saat meninjau Posko Terpadu Mudik Lebaran 2018, Cikopo, Purwakarta (12/6).

Menurutnya, kemungkinan terjadi peningkatan volume kendaraan hari ini terlihat usai pihaknya mengumpulkan dan meriset data dari tiga daerah, yakni Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Itu terdapat angka-angka di mana pertumbuhan diluar Jakarta tertinggi di Bogor 40 persen dan Cileunyi 13 persen,” katanya.

Pihaknya pun memprediksi puncak arus mudik ke dua ini akan terjadi peningkatan hingga 20-30 persen dari jumlah volume rata-rata kendaraan.

“Semoga dengan hasil riset kami, bisa masyarakat terima untuk menjalani mudik dengan lebih baik,” katanya.

Datang menggunakanan Helikopter, Budi melanjutkan tinjauannya ke Cirebon, Tegal dan Pekalongam untuk memastikan kelancaran mudik lebaran di H-3 ini.

Ditempat yang sama, Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Deden Juhara mengatakan berdasarkan pantauan pihaknya melalui Helicopter dari Jakarta hingga Cikopo, secara umum arus lalu lintas lancar.

“Kita lihat jalan tol maupun arteri lancar,” katanya.

Bahkan berdasarkan data yang dimilikinya, saat ini terjadi penurunan kecelakaan lalu lintas hingga 40 persen.

“Kita hadir disini, negara hadir ditengah masyarakat yang sedang liburan, kita jaga,” katanya.