Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 16 Agustus 2018

Buruh Kota Bandung Sepakat Nyoblos Nomor 2

Wisnu Wage Senin, 11/06/2018 13:25 WIB
Buruh Kota Bandung Sepakat Nyoblos Nomor 2
Yossi Irianto/Aries Supriatna

Bisnis.com,BANDUNG--Sejumlah asosiasi buruh di Kota Bandung mendeklarasikan diri mendukung pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna di Pilwalkot Bandung 27 Juni mendatang.

Deklarasi dukungan untuk duet Yossi-Aries disampaikan oleh empat serikat besar buruh yakni Serikat Pekerja Nasional (SPN), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Ssrikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), dan Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI) di kawasan Jalan Soekarno Hatta Bandung, Minggu (10/6).

Ratusan perwakilan buruh dari empat serikat buruh tersebut hadir dalam pembacaan deklarasi yang dibacakan oleh Ketua SPN Kota Bandung Odang Kusmana. Turut mendampingi pula Ketua SPSI Aip Sopandi, Ketua KSBSI Agus Saefudin dan Ketua GOBSI Mulyani Wangi.

"Buruh Kota Bandung menyatakan mendukung pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna dalam Pilwakot Bandung periode 2018-2023," kata Odang dalam pembacaan deklarasi dukungan buruh untuk pasangan Hebring dalam rilis, Senin (11/6/2018).

Odang juga menyatakan kaum buruh Kota Bandung juga siap menjadi garda terdepan untuk memenangkan pasangan Yossi-Aries. Seluruh pengurus asosiasi, kata Odang, akan ditugaskan untuk menyosialisasikan pasangan Hebring kepada para buruh dan keluarga mereka.

Dengan jumlah buruh di Kota Bandung yang mencapai ratusan ribu orang, ia yakin suara buruh untuk pasangan Hebring akan sangat signifikan untuk membantu memenangkan pasangan Yossi-Aries di Pilwalkot Bandung 27 Juni mendatang.

Odang mengungkapkan alasan para buruh menjatuhkan dukungan kepada Yossi-Aries. Pertama, kata dia, pasangan nomor urut 2 itu memiliki komitmen kuat untuk mensejahterakan kaum buruh di Kota Bandung.

Komitmen tersebut, sambung Odang, terlihat dari keberanian pasangan Yossi-Aries untuk menerima dan berjanji merealisasikan tuntutan buruh yang disampaikan kepada pasangan yang diusung PPP, Hanura, PDIP dan Nasdem tersebut.

Beberapa tuntutan buruh yang disampaikan kepada pasangan Yossi-Aries yaitu menegakkan hukum ketenagakerjaan di Kota Bandung, menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru, memberikan subsidi tempat tinggal murah bagi buruh, menyediakan transportasi publik yang berkualitas dan terjangkau, merealisasikan sembako murah dan beasiswa bagi keluarga buruh, dan mensejahterakan masyarakat dan kalangan pekerja di Kota Bandung.

"Selain karena memiliki komitmen terhadap buruh, kami juga melihat program-program Yossi-Aries banyak yang pro buruh seperti program Sakura yang memberikan tempat tinggal murah bagi buruh dan kalangan pekerja," ujar Odang mengenai alasannya mendukung Yossi-Aries.

Calon Wakil Walikota Bandung Aries Supriatna yang hadir dalam deklarasi tersebut mengaku sangat berterima kasih atas dukungan sukarela para buruh tersebut. Dukungan tersebut, kata Aries, menjadi modal berharga bagi pasangan Hebring menjelang Pilwalkot Bandung yang semakin dekat.

"Alhamdulillah saya sangat senang bertemu para buruh. Ini seperti bertemu keluarga. Karena saya pun berasal dari keluarga buruh. Ayah saya seorang buruh. Kakak saya juga pernah jadi ketua asosiasi buruh," ujar Aries.

Aries menyatakan apa yang menjadi tuntutan dan harapan para buruh kepada pasangan Yossi-Aries semaksimal mungkin akan direaliasikan. Terlebih, kata dia, apa yang disampaikan para buruh saat deklrasi, sudah menjadi komitmen karena tertuang juga di visi misi pasangan Hebring.

"Saya sangat memahami dan merasakan perjuangan para buruh yang bekerja di pabrik-pabrik. Saya sepakat, hak-hak buruh harus dilindungi. Ke depan hak-hak buruh seperti pendidikan, perumahan dan kesehatan harus diwujudkan. Spirit kitabsudah ada kesesuaian," tutur Aries.