Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 25 Juni 2018

Penerbangan Mudik Bersejarah Di Kertajati Sukses Diawali Citilink

Wisnu Wage Jum'at, 08/06/2018 13:40 WIB
Penerbangan Mudik Bersejarah Di Kertajati Sukses Diawali Citilink
Penerbangan perdana Citilink pada musim mudik Lebaran 2018 melalui Bandara Kertajati

Bisnis.com, MAJALENGKA—Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia mengawali musim mudik Lebaran 2018 dengan melakukan penerbangan perdana, rute Surabaya – BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) Kertajati, Majalengka, pada Jumat 8 Juni 2018.

Penerbangan Surabaya - Kertajati, dengan nomor QG 9820 dari Bandara Juanda lepas landas pukul 05.00 WIB dan tiba di BIJB Kertajati pada pukul 06.15 WIB.

Sedangkan rute sebaliknya Kertajati - Surabaya dengan nomor penerbangan GQ 9821 berangkat pukul 07.25 WIB dan kembali di Kota Pahlawan pukul 08.55 WIB.

Pendaratan perdana pesawat komersil di Kertajati ini disertai seremoni water salute. Selanjutnya sekitar 130 penumpang yang tiba di terminal Kertajati disambut pengalungan bunga oleh pihak PT BIJB, PT Angkasa Pura II, dan Citilink Indonesia.
‎‎‎
"Penerbangan perdana ini merupakan bagian dari penerbangan extra flight dalam mengakomodir penumpang yang hendak melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Hari Raya Idulfitri 1439 H di kampung halaman masing-masing," kata Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo, Jumat (8/6/2018).

Dalam menyambut musim liburan Idulfitri 2018, Citilink Indonesia sendiri mempersiapkan 392 extra flight dengan kapasitas 70.560 penumpang ke berbagai tujuan di 12 rute di Indonesia termasuk Kertajati.

Khusus untuk rute Kertajati waktu penerbangan dari maskapai anak perusahaan Garuda Indonesia ini nantinya akan berlaku ‎‎secara reguler karena Citilink Indonesia akan mulai melakukan penerbangan setiap harinya dengan jam keberangkatan dan kedatangan yang sama.

Juliandra melanjutkan, ‎kehadiran Citilink Indonesia di bandara baru BIJB Kertajati yang baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dimaksudkan untuk memberikan pilihan destinasi. Ini juga untuk mempermudah akses transportasi udara bagi penumpang yang tinggal di Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian Barat selama musim mudik lebaran. ‎

“Citilink Indonesia melihat prospek pertumbuhan penumpang dari dan menuju BIJB Kertajati sangat positif, sehingga memungkinkan untuk melakukan penerbangan reguler,” tambahnya.

Dengan penerbangan dari dan menuju Kertajati, Citilink Indonesia juga berharap dapat berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi setempat, mengingat pemerintah juga mengharapkan dapat menjadi titik pertumbuhan ekonomi yang segera memicu sentra-sentra ekonomi di daerah sekitarnya.