Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 23 Juni 2018

Kiai Karismatik Kota Bandung Menjatuhkan Pilihan Ke Yossi-Aries

Wisnu Wage Rabu, 06/06/2018 16:57 WIB
Kiai Karismatik Kota Bandung Menjatuhkan Pilihan ke Yossi-Aries

Bisnis.com,BANDUNG—Dukungan terhadap duet pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung Yossi Irianto-Aries Supriatna terus bertambah dan menguat.

Kali ini dukungan terhadap paslon nomor urut 2 ini disampaikan salah seorang kiai karismatik Kota Bandung sekaligus Pengurus Pondok Pesantren Sirnamiskin, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, KH Iik Abdul Kholik.

Kepada wartawan, Kiai Iik, sapaan akrabnya, mengungkapkan alasan dirinya mendukung pasangan yang dikenal sebagai pasangan Hebring tersebut. Salah satu alasan utama Kiai Iik mendukung pasangan Yossi-Aries yakni karena pasangan tersebut dinilai dekat dengan para kiai dan ulama.

"Pak Yossi walau bukan kiai atau ustadz, dia adalah contoh birokrat yang shaleh. Mereka dekat dengan para kiai dan memperhatikan pondok pesantren," ungkap Kiai Iik saat ditemui di kawasan Margahayu, Kota Bandung, Rabu (6/6).

Kedekatan Yossi maupun Aries dengan para kiai dan pesantren, kata dia, sudah terjalin sejak lama. Jauh sebelum mereka mencalonkan diri sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung.

"Bagi saya Pak Yossi adalah pilihan rasional. Dia adalah birokrat yang pengalaman dan memulai karir dari bawah hingga jadi sekda. Jadi untuk mengelola Bandung yang begitu kompleks, dibutuhkan pemimpin yang pengalaman. Pak Yossi adalah orang yang tepat," ujarnya.

Bukti kinerja Yossi layak diapresiasi, kata dia, dapat dilihat dari kesuksesan mantan Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam memimpin Kota Bandung pada periode sebelumnya.

"Otak di balik bagusnya kinerja Pemkot Bandung di bawah Pak Ridwan (Kamil) adalah karena di belakangnya adalah Pak Yossi. Pak Yossi adalah otak dan dapurnya Pak Ridwan," ungkapnya.

Selain dengan dirinya, sambung Kiai Iik, Yossi juga dikenal dekat dengan para kiai lainnya baik dari kalangan NU, Muhammadiyah maupun Persis serta Pondok Pesantren. Menurutnya, sejak menjabat Sekda Kota Bandung, Yossi kerap berkunjung ke berbagai pondok pesantren di Kota Bandung.

Tak hanya itu, Yossi yang juga menjabat Pembina Majelis Taklim Kota Bandung juga dikenal dekat dengan berbagai golongan masyarakat maupun kelompok lintas agama. Kiai Iik mengaku senang Yossi dapat merangkul berbagai golongan di Kota Bandung.

"Yang saya tahu, selain dekat dengan ulama Pak Yossi juga dekat dengan berbagai kalangan seperti pemuda, seniman, budayawan, guru, ustaz, dan lainnya. Semua dia rangkul. Dia tidak pernah mendikotomikan kelompok A, kelompok B. Dia bisa menyatukan semua potensi," jelasnya.

Di samping itu, secara objektif ia pun mengapresiasi visi misi serta program pasangan Yossi-Aries yang menurutnya pro terhadap masyarakat kecil termasuk pondok pesantren. Ia optimistis pasangan Hebring dapat mengemban amanah masyarakat Kota Bandung.

"Saya melihat Pak Yossi itu birokrat yang handal dan tahu permasalahan Kota Bandung. Program-program yang sudah berjalan saat ini pun banyak yang berasal dari Pak Yossi," bebernya.

Kiai Iik juga menilai Aries Supriatna sebagai orang yang tepat untuk mendampingi Yossi. Pengalaman Aries di DPRD Kota Bandung, menurutnya, bisa jadi modal berharga bagi pasangan Hebring untuk mengelola Kota Bandung yang dihadapkan pada permasalahan yang kompleks.

"Insya Allah pasangan ini akan amanah. Apalagi Pak Aries juga bisa melengkapi Pak Yossi karena sama-sama pengalaman di pemerintahan," ujar Kiai Iik.