Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Tiket KA Ekonomi Ludes, Tersisa Kelas Bisnis Dan Eksekutif

Dea Andriyawan Rabu, 06/06/2018 15:42 WIB
Tiket KA Ekonomi Ludes, Tersisa Kelas Bisnis dan Eksekutif
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Tiket Kereta api kelas ekonomi pada arus mudik dan arus balik lebaran Idulfitri 1439 H di Daerah Operasi (DAOP) 2 sudah ludes terjual. Tiket kelas ekonomi jalur lokal maupun jarak jauh ini sudah habis untuk pemberangkatan H-10 dan H+10 lebaran.

Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan okupansi tiket kereta api kelas ekonomi telah mencapai 100% sejak pemesanan dibuka tiga bulan lalu. Saat ini tiket yang masih tersedia hanya kelas bisnis dan eksekutif.

"Tiket kereta untuk ekonomi sudah 100 persen, tinggal bisnis dan eksekutif,” kata Joni saat dihubungi, Rabu (6/6).

Menurutnya tiket kereta api untuk kelas bisnis dan eksekutif saat ini baru terjual 87% dari total keseluruhan. Meski demikian, ia memperkirakan tiket kereta api kelas komersil ini juga akan ludes dimulai H-4 lebaran.

"H-6 dan H-5 itu tersedia seperti (KA) Argo Wilis itu masih tersedia, (KA) Turangga masih tersedia, tapi secara umum rata-rata kalo untuk KA komersial H-4 - H+4 itu sudah habis," kata dia.

Joni menuturkan, pemudik yang menggunakan kereta api pada tahun ini akan meningkat dibanding tahun lalu. Peningkatan tersebut diperkirakan mencapai angka 3-5% dari total penumpang tahun lalu sebesar 58.000.

"Tahun ini kita menargetkan penumpang dengan 62.000-65.000 per hari kapasitas angkut," tutur dia.

Sebenarnya, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI Daop 2 menyiapkan empat rangkaian kereta tambahan. Namun untuk tiket kelas ekonomi telah ludes terjual.

"Sementara untuk kelas bisnis dan eksekutif masih ada kekosongan kursi. Tersedia KA Pasundan rute Kiaracondong - Surabaya dan KA Kutojaya Selatan melayani tujuan Kiaracondong - Kutoarjo,” katanya.