Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 19 Desember 2018

MUDIK LEBARAN 2018: Ribuan Armada Disiapkan Layani Pemudik

Wisnu Wage Jum'at, 01/06/2018 12:05 WIB
MUDIK LEBARAN 2018: Ribuan Armada Disiapkan Layani Pemudik
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Dishub Jabar memprediksi lonjakan pemudik akan memadati semua layanan transportasi umum.

Kadishub Jabar Dedi Taufik mengatakan guna mengantisipasi kenaikan pihaknya sudah menyiapkan armada berupa bus sebanyak 4.675 unit, baik bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Dari jumlah itu, total kursi yang disediakan bisa mengangkut sebanyak 205.744 penumpang. “Pekan ini kami serentak melakukan ramp check di pool dan terminal sampai H-7,” tuturnya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (6/1/2018).

Sementara untuk angkutan kereta api, Dishub Jabar menyebut sudah ada 92 kereta dengan keberangkatan dari Stasiun Kota Bandung, Kiara Condong dan Cirebon. Jumlah itu sudah dikonfirmasi berdasarkan rapat koordinasi yang dilakukan bersama pihak Daerah Operasi (Daop) Kereta Api Indonesia (KAI) di wilayah bersangkutan.

Dishub pun menyiapkan angkutan sungai danau dan penyebrangan sebanyak 1.352 kapal di bawah 7 gross tone (GT). Terakhir di Bandara Husein Sastranegara dan Kertajati ada 98 pesawat.

"Angkutan udara nantinya melayani penerbangan domestik sebanyak 78 unit, unutuk penerbangan internasional sebanyak 20 unit," paparnya.