Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 16 Agustus 2018

Laga Persija Vs Persib Belum Pasti Digelar Di Stadion PTIK

Newswire Kamis, 31/05/2018 00:18 WIB
Laga Persija vs Persib Belum Pasti Digelar di Stadion PTIK

Bisnis.com, JAKARTA - Operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, belum dipastikan menjadi tempat menggelar laga Persija Jakarta versus Persib Bandung, Sabtu (30/6).

"Sampai sekarang kami masih belum mendapatkan konfirmasi mengenai hal itu, apakah akan digelar di PTIK atau tidak. Pembicaraan ini membutuhkan waktu karena PTIK memang menjadi alternatif tetapi kepastiannya nanti akan diumumkan," ujar Direktur Utama Berlinton Siahaan dalam pertemuan dengan pewarta di Jakarta, Rabu.

Berlinton melanjutkan, LIB terus berkomunikasi dengan berbagai pihak terutama Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), mengingat sejarah pertemuan kedua tim kerap diiringi kisah tak sedap terutama dari sisi rivalitas pendukung.

LIB sendiri menganggap Stadion PTIK sejatinya sudah memenuhi syarat untuk menggelar laga-laga Liga 1 2018. Itu dapat dilihat dari diizinkannya Bhayangkara FC menggunakan stadion tersebut sebagai kandang sejak awal Mei 2018.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk laga Persija kontra Persib, seperti kapasitas penonton.

"Kapasitas PTIK itu kira-kira maksimal 2.000 penonton. Padahal untuk suporter Persija atau Persib 100.000 bangku saja sepertinya tidak cukup. Akan tetapi, baik Persija maupun Persib harus menerima apapun keputusan terkait stadion tempat digelarnya pertandingan," tutur Berlinton.

Sementara, Direktur LIB Risha Adi Wijaya menjelaskan, sesuai regulasi, kepastian di mana suatu laga akan digelar harus didapatkan maksimal H-7 pertandingan.

Artinya, lanjut Risha, pihaknya beserta klub dan semua pihak terkait memiliki waktu untuk berdiskusi dalam beberapa hari ke depan.

"Tentu yang menjadi prioritas LIB adalah kepentingan klub yang selama ini kami junjung tinggi," tutur dia.

Sebagai informasi, pertandingan Persija kontra Persib sendiri sejatinya berlangsung pada Sabtu (28/4) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, tetapi tidak mendapatkan rekomendasi dari pihak kepolisian karena jadwalnya berdekatan dengan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2018.

LIB kemudian memutuskan untuk menunda laga tersebut dan memindahkan jadwalnya ke tanggal 30 Juni 2018, Sabtu. Bedanya, Persija tidak bisa menggunakan SUGBK yang biasanya menjadi markas klub Macan Kemayoran tersebut ataupun Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, sebagai kandang cadangan karena tengah disiapkan untuk Asian Games 2018.

Pihak manajemen Persija kemudian mengusulkan Stadion PTIK menjadi markas mereka untuk laga melawan Persib Bandung.