Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 19 Desember 2018

Masjid Baing Yusuf Bakal Jadi Primadona Wisata Religi Di Purwakarta

Wisnu Wage Senin, 28/05/2018 18:27 WIB
Masjid Baing Yusuf Bakal Jadi Primadona Wisata Religi di Purwakarta

Bisnis.com,PURWAKARTA--Masjid Agung Baing Yusuf, Purwakarta diprediksi bisa menjadi salah satu primadona wisata religi ke depan. 
 
Tepat di belakang masjid tersebut, terdapat sebuah kompleks pemakaman untuk para ‘menak’ (tokoh) Purwakarta. Jasad Baing Yusuf termasuk yang dimakamkan di area kompleks tersebut. 
 
Atas jasa-jasanya menyebarkan Agama Islam di Purwakarta, Pemerintah Kabupaten Purwakarta pun melakukan penataan terhadap makamnya. 
 
Sebagaimana khasnya bangunan di Jawa Barat, arsitektur ‘julang ngapak’ kini menaungi makam Maha Guru tersebut. 
 
Setiap bulannya, ribuan orang dari berbagai penjuru Pulau Jawa berziarah ke makam Baing Yusuf, terutama setiap malam Jum’at. 
 
Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta melihatnya sebagai momentum promosi wisata religi. Karena itu, bidang pariwisata pada dinas tersebut kini tengah bersiap menata sebuah diorama yang menceritakan kisah Baing Yusuf. 
 
“Setiap tahun kami hitung, wisatawan religi ke makam Baing Yusuf terus mengalami peningkatan. Kami yakin akan semakin meningkat. Sesuai rencana, akan ada sebuah diorama digital tentang Baing Yusuf di sana,” ujar Kabid Pariwisata, Heri Anwar.