Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 24 Oktober 2018

3 Kursi Pimpinan SKPD Kota Bandung Masih Kosong

Dea Andriyawan Minggu, 27/05/2018 19:40 WIB
3 Kursi Pimpinan SKPD Kota Bandung Masih Kosong

Bisnis.com, BANDUNG - Jabatan pimpinan pada tiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung masih kosong pasca rotasi SKPD pada Januari lalu. 
 
Tiga kursi SKPD yang saat ini masih di jabat oleh Plt tersebut yakni Inspektorat Kota Bandung, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). 
 
Plt BKPP Kota Bandung Atet Dedi Hadiman mengatakan Pemkot Bandung sebenarnya sudah mengantongi tiga besar nama dari masing-masing dinas. Namun hingga Mei ini masih belum ada kejelasan kapan penetapan Jabatan kepala di tiga SKPD itu dilakukan.
 
"Memang ini hanya momen saja. Karena pada saat itu seleksinya pada saat momennya pergantian pimpinan. Jadi berkaitan walikota yang lama definitif pas cuti. Jadi seolah-olah lama. Memang karena bersamaan ada momen Pilkada," kata Atet.
 
Padahal menurutnya, pimpinan dinas yang kosong hampir lima bulan itu merupakan hak wali kota untuk memilih. Sebab seleksi sudah dilakukan terhadap beberapa pendaftar. 
 
Namun, kata dia, penjabat sementara wali kota baru menjabat beberapa bulan. Sehingga menyerahkan pemilihan kepala dinas tersebut ke wali kota yang sedang cuti karena dianggap lebih mengetahui kinerja ASN nya.
 
"Kami coba menelpon pak Pjs, apakah mengetahui kinerja. Mungkin dengan seperti itu menyerahkan ke pak walikota yang lama. Dan memang bukan ranah kami untuk menanyakan atau mendesak hal tersebut," tuturnya.
 
Ia pun mengaku tidak tahu kapan pimpinan SKPD itu akan diisi oleh kepala dinas yang dilantik secara resmi. Bisa jadi sebelum wali kota definitif usai cuti, kursi pimpinan tersebut sudah terisi.
 
Sebelumnya tambah dia, proses seleksi sudah dilakukan untuk Inspektorat Kota Bandung dimana 11 orang diseleksi menjadi tiga besar calon. Untuk DPKP3 dan BKPP pendaftarnya sebanyak 10 orang yang juga sudah diseleksi tiga besar. 
 
"Jadi memang tinggal menunggu wali kota yang menentukan," ujarnya.
 
Meskipun penetapan kepala SKPD definitif tersebut masih belum jelas, namun ia memastikan kinerja dari masing-masing SKPD masih tetap berjalan optimal.
 
"Tidak ada pengaruh. Saya jamin semua tetap bekerja seperti biasa," ucapnya.
 
Selain tiga dinas, kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung juga masih kosong. Setelah Sekda Kota Bandung sebelumnya, Yossi Irianto, mundur untuk mengikuti kontestasi politik Pemilihan wali kota (Pilwalkot) Bandung 2018.
 
Atet menambahkan seleksi pemilihan sekda juga masih berlangsung. Ada beberapa tahap dalam penyeleksian yang dilakukan oleh tim pansel.
 
"Sekda masih dilakukan seleksi. Mulai dari awal seleksi adminsitrasi, kemudian kompetensi bidang yakni uji gagas membuat makalah. Dan yang sekarang tahap 3 adalah assesment mulao dari kompetensi manajerial, sosio kultural, kemudian psikometrik," tuturnya.
 
Ia pun mengatakan pejabat pengganti sekda sudah bekerja untuk tiga bulan pasca penunjukan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018.