Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 18 Agustus 2018

Hari Pertama Puasa, Sekda Jabar Kunjungi 2 Proyek Penting Di Gedebage

Wisnu Wage Kamis, 17/05/2018 13:15 WIB
Hari Pertama Puasa, Sekda Jabar Kunjungi 2 Proyek Penting di Gedebage
Sekda Jabar Iwa Karniwa

Bisnis.com,BANDUNG--Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa memanfaatkan hari pertama dengan mengunjungi dua proyek Kolam Retensi dan Mesjid Al Jabar, Gedebage, Bandung, Kamis (17/5/2018).

Iwa mengatakan dua proyek ini menjadi salah satu konsentrasi Pemprov Jabar mengingat anggaran yang dialokasikan sangat tinggi "Kita pantau percepatannya di lapangan mengingat ke depan dua proyek ini akan sangat bermanfaat bagi Kota Bandung," katanya.

Kolam retensi yang dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum senilai Rp96 miliar ini menjadi lokasi pertama yang dikunjungi saat ini menunjukan kemajuan fisik cukup signifikan. "Dari laporan pelaksana proyek sampai Mei realisasi fisik sudah mencapai 60% dari target 56% jadi ada surplus," ujarnya.

Pekerjaan pembuatan kolam yang rencananya akan menjadi pengendali banjir di kawasan tersebut sekaligus penampangan Mesjid Raya Al Jabar tersebut saat ini menurut Iwa tengah dikebut lewat penambahan jam kerja. "Pengerjaannya dilakukan dari berbagai sisi, Alhamdulillah cuaca saat ini sangat mendukung," paparnya.

Namun masih ada sekitar 11 bidang lahan dengan luas kurang lebih 4 hektar di lokasi proyek yang saat ini belum dibebaskan. Iwa mengaku pihaknya sudah menyiapkan anggaran sementara pihak Kecamatan Gedebage dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) menuntaskan administrasi.

"Targetnya urusan lahan ini bisa selesai bulan ini juga. Tugas kami mendorong pihak BPN dengan data-data pendukung salah satunya salinan surat tembusan permohonan penetapan lokasi kolam retensi Gedebage," paparnya.