Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 18 Agustus 2018

Stok Gas Melon Di Bandung Aman Selama Ramadan

Dea Andriyawan Kamis, 17/05/2018 18:05 WIB
Stok Gas Melon di Bandung Aman Selama Ramadan
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung memastikan stok gas LPG 3 kg di Kota Bandung aman selama bulan Ramadan. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk menambah alokasi regular sebesar 50% dari biasanya.

"Kita melakukan ekstra droping (penambahan) sebesar 50 persen dari jumlah biasanya yakni sebesar 44 ribu buah. Sehingga saat ini pasokan gas 3 kg di Kota Bandung berjumlah 132 ribu yang terdiri dari 88 ribu regular dan 44 ribu ekstra droping," ujar Kepala Disdagin Kota Bandung Eric Mohamad Atthauriq, Kamis (17/5).

Melihat ketersediaan stok tersebut, Eric memastikan kebutuhan tabung gas 3 kg di Kota Bandung akan terpenuhi setidaknya pada Ramadan ini. Namun Disdagin kata Eric juga telah menyiapkan antisipasi jika nantinya terjadi kelangkaan.

"Kalau terjadi kelangkaan seperti 3-4 tahun lalu kita siapkan operasi pasar. Tapi selama ini kita belum pernah lagi melakukan operasi pasar, tapi ekstra droping,” katanya.

Eric mengungkapkan, kuota gas 3 kg di Kota Bandung sendiri pada tahun ini mencapai 29.313.000 tabung. Dari jumlah tersebut yang disalurkan per harinya sebanyak 88 ribu tabung.

Eric berharap penggunaan gas LPG 3 kg ini sesuai peruntukan. Artinya hanya digunakan untuk warga miskin dan pelaku usaha mikro.

"Ya tentu harus sesuai peruntukannya," pungkasnya.